Pendakian Ekstrim Gunung Anak Krakatau

In Banten
source:indonesia-tourism.com
source:jennradjah.wordpress.com
source:fajarsumatra.com
Written by Benedictus Bina Naratama Posted 13th July 2013, 12:00am
Rate this article 

Ingin merasakan pengalaman mendaki gunung yang tidak biasa? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mendaki Gunung Anak Krakatau. Ya! Indonesia sebagai negara yang berdiri di atas lingkaran cincin api, memiliki gunung-gunung vulkanik yang masih aktif, dan salah satunya adalah Gunung Anak Krakatau.

Gunung dengan ketinggian 230 meter di atas permukaan laut ini merupakan anak dari erupsi ?gSang ibu?h gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan gunung Krakatau ini merupakan letusan gunung vulkanik terbesar yang tercatat dalam sejarah. Dua pertiga dari Pulau Krakatau, yang menjadi rumah bagi gunung tersebut, runtuh dan tenggelam ke dasar laut, dan hanya menyisakan pulau kecil yang dinamakan Pulau Anak Krakatau.

Keindahan alam yang ditawarkan di pulau ini bukan hanya Gunung Anak Krakatau saja. Saat menginjakkan kaki di pulau ini, Anda akan disuguhi oleh hamparan pasir pantai berwarna hitam. Pasir pantai yang berwarna hitam ini merupakan pasir vulkanik yang berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau, yang masih aktif meletus hingga sekarang. Pantai berpasir hitam ini masuk ke dalam wilayah konservasi Cagar Alam Krakatau, sehingga kelestarian ekosistemnya terjaga.

Anda akan merasakan sensasi mendaki yang berbeda saat mendaki Gunung Anak Krakatau. Karena kontur permukaan gunung yang didominasi oleh pasir vulkanik, pendakian akan terasa kian sulit. Pasir yang terus merosot ketika diinjak membuat pendakian seperti berjalan di tempat. Namun Anda tidak perlu takut tersesat, salah satu petugas Cagar Alam akan memandu selama pendakian. Untuk alasan keselamatan dan keamanan, pendakian hanya dibatasi hingga mendekati kubah gunung saja. Tapi jangan berkecil hati, pemandangan dari atas lereng gunung ini tidak kalah menakjubkan. Anda akan disambut oleh hamparan laut biru Selat Sunda yang berhiaskan pulau-pulau kecil dan puncak gunung Anak Krakatau yang tampak begitu gagah.

Bagaimana cara menuju ke sana?

Gunung yang terletak di Selat Sunda ini tidak sulit untuk dicapai. Akses dapat dimulai dari dua tempat, yaitu Pantai Anyer di Banten dan Dermaga Canti di Kalianda, Lampung. Namun disarankan untuk berangkat dari Dermaga Canti, karena letak Gunung Anak Krakatau yang lebih dekat dengan Pulau Sumatra. Anda dapat menumpang perahu kayu yang berkapasitas 30 orang menuju Pulau Sebesi, dimana terdapat beberapa penginapan. Perjalanan dari Pulau Sebesi menuju Gunung Anak Krakatau akan memakan waktu tempuh 1 jam. Tetapi, siap-siap untuk mabuk laut, karena Anda akan ditemani dengan ombak yang cukup besar selama perjalanan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!