Pasar Terapung Muara Kuin - Menikmati Suasana Pasar di Atas Air

In Kalimantan Selatan
source:http://commons.wikimedia.org
source:http://www.portalbanjarmasin.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 1st May 2013, 1:38am
Rate this article 

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Salah satu yang unik dan hanya terdapat di Indonesia adalah Pasar Terapung Muara Kuin. Pasar Terapung ini adalah pasar tradisional yang seluruh aktifitasnya dilakukan di sebuah jukung (sebutan perahu kecil dalam bahasa Banjar) yang mengambang di sungai.

Pasar Terapung Muara Kuin berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tepatnya di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito. Kegiatan pasar ini dimulai setelah salat Subuh hingga pukul 07.00 pagi. Para pedagang menggunakan perahu untuk menjual segala jenis sayur mayur, buah-buahan, ikan, daging, dan kebutuhan lainnya.

Pasar terapung ini pun telah menjadi ikon Kota Banjarmasin. Banyak warga dari luar Banjarmasin yang ingin menyaksikan langsung suasana pasar yang berada di Sungai Barito ini. Suasananya tidak berbeda jauh dengan pasar lain pada umumnya, berdesak-desakan dan sangat ramai. Namun yang membedakan adalah Anda harus mendayung saat akan menghampiri pedagang. Jika tidak menjaga keseimbangan, Anda akan terayun-ayun di atas perahu kecil atau jukung.

Sebagian besar pedagang ialah dari kalangan ibu-ibu yang datang dari kampung-kampung terdekat. Mereka membawa hasil kebun setiap pagi untuk dijual di Pasar Terapung. Barang dagangan mereka ditaruh dalam keranjang yang berbentuk seperti ember. Aktifitas warga Banjar ini telah berlangsung sejak dahulu, dan masih dilakukan hingga saat ini.

Selain berbelanja kebutuhan sehari-hari, ada banyak barang dagangan lain yang dapat Anda beli di sini. Salah satunya adalah kain sasirangan yang merupakan kerajinan khas Kalimantan Selatan. Kain Sasirangan ini dulunya dipergunakan sebagai laung (ikat kepala), juga sebagai sabuk, selendang, dan udat (kemben). Selain itu, jika ingin berkeliling menikmati pasar apung, Anda juga dapat menyewa sebuah perahu motor yang disebut kelotok dengan harga berkisar antara Rp 50 ribu ? Rp 70 ribu.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!