Pasar Beringharjo - Pasar Eksotis dengan Arsitektur Kuno

In Yogyakarta
source:retrotika.wordpress.com
source:www.tripteaser.fr
source:rentalmobilyogyakarta.net
Written by Riyan Adiyahasya Posted 11th April 2013, 9:11am
Rate this article 

Yogyakarta adalah sebuah kota yang eksotis akan arsitektur kuno terutama bangunan kuno yang digunakan oleh keluarga kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang terkenal, kota ini juga dikenal sebagai kota batik. Selain memiliki motif batik khas Yogyakarta, kota ini juga memiliki sebuah pusat perdagangan batik yang terkenal yaitu Pasar Beringharjo.

Pasar yang didirikan pda tahun 1758 tak lama setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini menjadi tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya. Pada tahun 1925 barulah dibangun secara permanen. Arti dari nama Beringharjo sendiri adalah dari kata ?gBering?h yang artinya pohon beringin dan ?gHarjo?f yang berartikan kesejahteraan. Sehingga memiliki arti pohon beringin yang memberikan kesejahteraan.

Terletak di pusat daerah wisata di Jl. Malioboro, Pasar Beringharjo memberikan pilihan lengkap batik batik terutama batik Yogyakarta. Namun batik solo dan daerah sekitarnya juga bisa ditemukan disini. Harga di pasar ini pun sangat terjangkau. Tidak hanya sekedar batik, rempah rempah , jamu hingga barang barang antik dijual di pasar ini.

Tepat di depan pintu masuk pasar ini, terdapat pedangan pecel yang siang menjajakan makanannya sejak pagi. Lalu ada jajanan lain seperti es cendol khas Yogyakarta dan ada juga es kelapa muda.

Selesai berbelanja, tukang becak ataupun andong siap mengantarkan wisatawan untuk keliling kota Yogyakarta melihat pembuatan batik, hingga ketempat pembuatan makanan khas Yogyakarta yaitu Bakpia Patuk.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!