Pantai Suluban - Indahnya Panorama Sunset Dari Atas Tebing

In Bali
source:nexttriptourism.com
source:news.kitook.co.id
source:katajari.files.wordpress.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 21st March 2013, 2:36am
Rate this article 

Keindahan menyaksikan matahari terbenam di Samudra Hindia dari atas tebing bisa kita dapatkan di selatan Pulau Bali. Dengan suasana yang sederhana dan masih asli, Suluban beach menawarkan tidak hanya sebuah tontonan matahari terbenam dari atas tebing, tetapi pantai ini juga menjadi tempat tujuan bagi peselancar terutama dari Australia.

Terletak 3 km dari Pura Uluwatu, Suluban memiliki suasana yang menarik. Ketika sampai di lokasi parkiran, tidak ada orang yang menyangka bahwa di bawah ujung jalan tersebut terdapat pemandangan yang luar biasa. Sebelum menuju bibir pantai, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup banyak dan terjal. Lalu Anda akan menemukan gugusan batu dan terowongan yang terbuat alami dari karang. Di balik terowongan dan gugusan tebing tersebut terdapat bibir pantai lainnya yang lebih luas lagi.


Laut di Pantai ini relative berkarang. Biasanya wisatawan menggunakan tempat ini untuk sekedar berjemur. Namun ada sebuah keunikan yang menarik di tempat ini. Ketika surut, air laut akan mejauh dari bibir pantai setidaknya 600 meter, sehingga karang-karang di pinggir pantai akan terlihat dan tepat di bibir pantai utama terdapat kubangan air laut yang terjebak di antara karang, yang menyerupai kolam besar, sehingga turis yang datang bisa berenang di kolam air laut alami. Pada bulan tertentu, air surut hingga ketika matahari terbenam. Sehingga wisatawan yang datang dapat berenang di kolam tersebut sambil menikmati indahnya panorama terbenamnya matahari.

Mendekati saat matahari terbenam para wisatawan biasanya memenuhi kedai makanan yang terletak di atas tebing. Sambil menikmati matahari terbenam ditemani minuman dan makanan ringan, para wisatawan juga dapat menikmati aksi para peselancar yang sedang beraksi melawan ombak.

Tempat yang dulunya hanya dipenuhi oleh turis asing, kini mulai didatangi oleh turis lokal. Untuk mencapai daerah ini dibutuhkan kendaraan bermotor karena letaknya cukup jauh dan tidak ada kendaraan umum yang menuju ke tempat ini. Namun biasanya kerap terlihat turis asing yang rela jalan kaki untuk mencapai Pantai Suluban ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!