Pantai Solop - Pesona Pantai Dipadu Hutan Bakau Terindah Di Indonesia

In Riau
source:riaudailyphoto.com
source:riaudailyphoto.com
source:riaudailyphoto.com
Written by Nena Nikita Posted 24th March 2014, 5:45am
Rate this article 

Pantai yang menjadi favorit wisata saat hari raya idul fitri dan idul adha tiba. Pantai solop menawarkan pesona wisata yang memukau pengunjungnya, sehingga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan pemerintah setempat telah menjadikan obyek wisata ini menjadi obyek wisata unggulan. Kawasam pantai setiap harinya dilalui oleh kapal ferry yang menghubungkan Batam dengan kabupaten Indragiri hilir, Jambi dan juga Kuala Tungkal. Keindahan pantai solop ini tidak diragukan lagi, dengan dikelilingi hutan bakau yang masih alami dan menjadi hutan bakau terindah di Indonesia mampu menyihir pengunjung yang datang ke pantai wisata ini.

Pulau Indragiri hilir yang terkenal dengan pulau seribu parit ini mempunyai obyek wisata yang sangat menawan, pantai dengan pasir putih membentang dan keindahan lain yang tak kalah memanjakan pengunjung adalah bila anda perhatikan pasir putih yang dimiliki pantai solop ini, pasir putih yang membentang adalah terdiri dari fosil hewan- hewan laut seperti kerang- kerangan, siput dan yang lainnya yang dikenal pula sebagai pasir sersah, tidak seperti pasir putih pada umumnya yang terdiri dari bebatuan dan kerikil.

Pantai solop terletak di pulau cawan kecamatan mandah kabupaten Indragiri Hilir. Sebagai obyek wisata favorit, pantai solop ini dikenal sampai ke berbagai tempat. Awal mula pantai solop ini dipopulerkan oleh gubernur Riau H.M Rusli Zainal melalui sebuah lagu Zapin dan dikenal dikalangan masyarakat sebagai Zapin pantai Solop. Dari situlah pantai ini menjadi terkenal dan menjadi sangat disukai oleh masyarakat dan wisatawan sebagai tujuan obyek wisata.

Selain pantai dengan pasir putihnya yang unik, Pantai solop ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain hutan mangrove yang masih alami mengelilingi sepanjang mata melihat, juga pemandangan pulau- pulau diseberang pantai Solop ini yang tak kalah indahnya. Pulau-pulau kecil yang terdapat di seberang pantai lengkap dengan kisah rakyatnya yang menarik akan menambah pesona pantai solop.

Menikmati keindahan pantai solop dengan berjalan kaki melalui hamparan pasir putih dengan menikmati pemandangan yang kabarnya menjadi mangrove terindah di Indonesia juga pemandangan cantik dari pulau-pulau yang berada di seberang pantai adalah destinasi wisata yang mengagumkan dan tak pernah terlupakan. Untuk sampai di pantai indah ini pengunjung harus menempuhnya sekitar 20 menit dari kota Mandah dengan menggunakan speed boat atau bila pengunjung dari kota Tembilahan yang menjadi ibukota Indragiri Hilir maka anda memerlukan jarak tempuh sekitar 90 menit untuk mencapai pantai solop. Sepanjang perjalanan menuju pantai solop pengunjung dapat menikmati pemandangan laut biru diatas deru deram speed boat. Perjalanan yang sedikit melelahkan ini akan terbayar pada saat pengunjung menginjakkan kaki di pantai solop yang dikenal juga dengan obyek wisata dondang tandak, atau obyek wisata unggulan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!