Pantai Sawarna - Pantai yang Mulai Digandrungi Wisatawan

In Banten
source:flickr.com
source:berita.upi.edu
source:wisataindonesia.biz
Written by Rendyadi Amnar Posted 7th June 2013, 2:20am
Rate this article 

Pantai Sawarna merupakan objek wisata pantai yang mulai digandrungi wisatawan sejak tahun 2000-an. Seperti namanya, pantai ini berlokasi di sebuah desa yang juga bernama Sawarna. Pantai yang dibuka secara umum ini memiliki pantai yang tak kalah cantik dan eksotis. Pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai, air laut yang biru jernih, serta ombak yang besar menjadikan pantai ini sebuah tempat persinggahan wisatawan dari berbagai negara.

Pantai Sawarna tepatnya berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, atau sekitar 250 km dari Jakarta. Pantai ini masih berada dalam satu garis pantai dengan Pelabuhan Ratu. Pantai Sawarna boleh dikatakan surga yang tersembunyi di Provinsi Banten. Kawasan terpencil yang menyembunyikan keindahan alam yang asri dan menawan, serta masih terjaga kelestariannya.

"Jika Anda ingin bermalam, penduduk setempat sudah banyak yang menyulap rumah-rumah mereka menjadi sebuah tempat menginap"

Di pantai ini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan menarik seperti jetski, banana boat, berenang, atau menikmati kuliner di tepi pantai. Sayangnya belum ada hotel-hotel dan resort mewah di kawasan pantai. Namun jika Anda ingin bermalam, penduduk setempat sudah banyak yang menyulap rumah-rumah mereka menjadi sebuah tempat menginap yang bersih dan nyaman. Suasana alam pedesaan dengan hembusan angin pantai dan deburan ombak yang silih berganti menerpa bibir pantai merupakan suasana yang jarang ditemukan di tempat lain.

Selain menikmati keindahan Sawarna, di sekitar kawasan Sawarna juga terdapat beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje dan Pasir Putih. Tak hanya itu, tak jauh dari lokasi pantai terdapat beberapa gua yang merupakan gua karts (batu gamping), gua tersebut meliputi Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, dan Goa Singalong.

Bagi Anda penggemar fotografi, jangan lewatkan pemandangan sunrise nan indah di Laguna Pari. Karena letaknya yang menghadap ke timur, tempat tersebut sangat ideal sebagai tempat untuk mengabadikan panorama sunrise di Sawarna.

Bagaimana cara menuju Pantai Sawarna?

Ada dua pilihan jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju Pantai Sawarna. Pertama, rute perjalanan dapat ditempuh dari Jakarta ? Tanggerang ? Lebak ? Malimping ? Bayah yang memakan waktu sekitar 6 ? 7 jam. Sedangkan yang kedua, rute Jakarta ? Sukabumi via Pelabuhan Ratu hanya perlu waktu 4,5 jam saja. jalur ini merupakan jalur yang lebih nyaman dengan kondisi jalan yang lebih bagus, ditambah banyaknya pesona alam selama perjalanan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!