Pantai Menawan Tapak Padri Bengkulu

In Bengkulu
source:2.bp.blogspot.com
source:indonesia.travel
Written by Aditya Tri Hutama Posted 25th May 2015, 1:38pm
Rate this article 

Pantai menawan yang satu ini bernama Pantai Tapak Padri, letaknya di Provinsi Bengkulu. Pantai ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Sumatera dan wilayah Bengkulu. Setiap tahunnya di Pantai Tapak Padri ini digelar sebuah perayaan agung bersama bernama Upacara Tabot Bengkulu. Di pantai inilah digelar puncak perayaan Tabot Bengkulu yang menjadi upacara festival terakbar di Kota Bengkulu. Ada banyak sekali acara dan kemeriahan pentas seni budaya yang tersaji di pagelaran akbar Tabot ini. Ada pertunjukan seni, pasar rakyat, pameran kriya, lomba khas Bengkulu, Tari Tabot dan pagelaran musik khas daerah Bengkulu.

Pantai Padri ini akan sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan di bulan-bulan perayaan Tabot tersebut. Wisatawan dari mancanegara dan lokal akan berduyun-duyun bersama warga sekitar untuk memeriahkan upacara sakral ini di Pantai. Dengan garis pantainya yang panjang menjadikan pantai ini cukup memuat banyak wisatawan yang ingin menyaksikan Upacara Agung Tabot ini. Keindahan dan eksotisme dari Pantai Padri ini sudah menjadi buah bibir untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Menurut sejarahnya, Pantai Padri ini merupakan pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu. Dibangun pada masa Pemerintahan Inggris dan menjadi pusat transportasi pada masa itu.

Di sekeliling Pantai Padri juga terdapat situs peningalan Inggris yang masih lestari hingga kini. Berjarak tidak lebih dari 100 m ada sebuah Benteng tua bernama Benteng Marlborough. Dari atas benteng inilah Anda dapat menyaksikan sejauh mata memandang keindahan dari garis pantai yang menawan ini. Jika sedang cuaca cerah, Anda dapat menyaksikan keindahan bahari dan birunya air laut yang menenteramkan hati. Dan dari atas benteng inilah Anda juga dapat mengabadikan setiap momen yang tersaji. Kebiasaan wisatawan adalah menunggu matahari terbenam dari atas benteng tua ini. Dengan spot yang pas inilah yang menjadikan pengunjung berlama-lama di atas benteng.

Jika masih belum puas Anda bisa pergi ke bibir pantai dan beranjak ke danau buatan yang ada di tepi pantai. Disini Anda bisa melakukan berbagai hal yang disukai. Berenang atau bermain kayak perahu bisa Anda lakukan untuk mengisi kejenuhan menunggu matahari terbenam. Dengan ukuran yang cukup besar, Anda akan dimanjakan dengan danau buatan ini. Jika perut keroncongan tidak perlu khawatir pembaca sekalian, di pantai ini sudah banyak sekali penjual makanan khas dari Bengkulu. Para penjual ini biasa menjajakan camilan khas Bengkulu yakni Jagung Bakar dan pisang kukus khas Bengkulu. Lumayan untuk mengisi perut Anda yang kosong setelah seharian bermain di kawasan Pantai Padri ini.

Itulah sekilas mengenai Pantai Padri yang ada di Bengkulu, wisata sejarah dan wisata pantai dipadukan menjadi satu bagian utuh. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai destinasi wisata bagi keluarga tercinta Anda. Di lain sisi sebagai destinasi berlibur tetapi juga ada wisata bersejarah untuk diceritakan ke anak-anak Anda. Selamat berlibur ke Pantai Tapak Padri!

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!