Pantai Liang Pantai Terindah di Maluku

In Maluku
source:www.panoramio.comp
source:www.panoramio.comp
Written by Riyan Adiyahasya Posted 31st December 1969, 7:00pm
Rate this article 

Pesisir Maluku memang tak bisa ditampik lagi keindahannya. Birunya laut, putihnya pasir, tersaji dalam nuansa alam yang alami dan masih terjaga. Buktinya adalah Pantai Hunimua atau yang lebih dikenal dengan Pantai Liang di Maluku Tengah. pantai tersebut adalah salah satu yang terindah, keindahannya bahkan pernah dinobatkan oleh UNDP-PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990.

Sesuai dengan namanya, letak pantai ini berada di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. walaupun Pantai Liang ini tidak seramai pantai-pantai di Bali, dan fasilitas yang belum maksimal, namun pesona dan keindahan pantai ini tidak sedikitpun berkurang. Maka tak heran hingga saat ini pantai ini selalu ramai pengunjung pada akhir pekan dan hari libur.

Selain karena indah, Pantai Liang juga menawarkan berbagai aktifitas mengasyikkan lainnya seperti berenang, menyelam, memancing, serta bermain banana boat. Terdapat juga dermaga kecil tempat dimana pengunjung bisa menceburkan diri ke dalam perairan Pantai Liang yang dangkal dan tidak terlalu berombak. Selain itu, jika ingin menyelam Anda pun cukup menyelam di kedalaman 2-3 meter dan melihat keindahan surga laut di Pantai Liang.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah sekitar bulan September – November, atau April – Mei karena kondisinya yang tidak berangin dan teduh. Sementara itu hindari kunjungan Anda ketika musim angin barat atau angin timur karena pada saat itu laut di Pantai Liang akan berombak dan membuat pantai keruh.

Setelah puas dan letih bermain di pantai ini, di tepi pantai pun berderet panjaja makanan yang menyajikan kuliner-kuliner khas Maluku. Selain itu, untuk sampai di pantai ini Anda harus berkendara dari Kota Ambon sejauh 40 km. Sesampainya Anda harus lebih dahulu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang, baru kemudian Anda bisa merasakan keindahan Pantai Liang.

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!