Pantai Lampuuk - Pesonanya Tak Hilang Pasca Bencana

In Aceh
source:anuekace..blogspot.com
source:anuekace.blogspot.com
source:gogo-travelnista.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 15th March 2013, 6:08am
Rate this article 

Gempa dan tsunami yang menghantam sebagian besar wilayah Aceh pada tahun 2004 silam selain memakan banyak korban, bencana ini juga berdampak buruk pada objek wisata di Aceh. Pantai Lampuuk merupakan salah satu objek wisata yang terkena dampak dari bencana ini. Setelah tsunami menerjang, pantai ini sepi, pohon-pohon tumbang, dan penginapan pun lenyap karena tergerus besarnya tsunami.Saat ini pemerintah setempat sedang gencar menghidupkan kembali Pantai Lampuuk. Setelah melakukan pembangunan dan perbaikan, Lampuuk mulai banyak didatangi para wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekannya.

Pantai ini letaknya tak jauh, sekitar 15 km dari Kota Banda Aceh, tepatnya di Desa Meunasah Masjid, Kabupaten Aceh Besar. Berekreasi ke pantai ini merupakan pilihan tepat untuk menghabiskan masa-masa akhir pekan. Meskipun sempat porak-poranda karena gelombang tsunami, Pantai Lampuuk tidak kehilangan kharismanya. Pantai ini tetap menjadi tempat favorit para wisatawan.

Ada hal menarik lain dari pantai favorit masyarakat Aceh ini, di sekitar pantai terdapat sebuah masjid megah berwarna putih. Saat terjadi tsunami, masjid tersebut merupakan satu-satunya bangunan yang masih utuh. Kini, masjid ini ditetapkan sebagai Monumen Tsunami oleh pemerintah.

Selain menikmati panorama pantainya yang indah, para wisatawan dapat berenang, berjemur, memancing, berselancar, dan melakukan kegiatan lainnya. Tak jauh dari sana, terdapat Padang Golf Seulawah dengan latar belakang panorama laut. Di sore hari, suasana akan terasa lebih indah dan eksotis, pantai seketika akan dipenuhi oleh para pengujung yang tak ingin ketinggalan melihat panorama matahari tenggelam.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!