Pantai Klayar - Pantai Cantik dengan Fenomena Air Mancur

In Jawa Timur
source:anekatempatwisata.com
source:blog.umy.ac.idlouissianaraharja
source:anekatempatwisata.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 2nd August 2013, 4:44am
Rate this article 

Pantai selatan Pulau Jawa terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas. Namun, dibalik keganasan ombak tersebut, pantai-pantai di selatan Jawa memiliki pesona yang luar biasa indah, salah satunya adalah Pantai Klayar.

Pantai Klayar merupakan sebuah pantai tersembunyi di daerah Pacitan, sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Timur. Meskipun berada di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Pacitan lebih dekat ke kota-kota di Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan letak Kabupaten Pacitan yang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tipikal pantai-pantai di bagian selatan Jawa adalah pantai yang dipenuhi oleh karang-karang yang tinggi, demikian pula dengan Pantai Klayar. Namun, selain disuguhi oleh pemandangan karang yang menjulang, di pantai ini Anda juga akan disuguhi oleh hamparan pasir putih nan lembut.

Tingginya ombak di pantai ini membuat Anda tidak dapat menikmati permainan olahraga air seperti banana boat atau snorkeling. Namun jangan khawatir, karena keindahan pantai ini bisa Anda nikmati hanya dengan duduk-duduk santai di pinggir pantai sambil bermain pasir ataupun berfoto.

Perjalanan menuju Pantai Klayar bisa dibilang cukup menantang. Anda harus melewati jalanan yang hanya cukup untuk satu mobil ditambah dengan tanjakan, turunan, dan tikungan yang cukup tajam. Selain itu, di sisi jalan terdapat jurang yang cukup dalam. Di kanan dan kiri jalan Anda dapat menikmati pemandangan bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata sebelum akhirnya Anda akan dimanjakan dengan birunya air laut dan putihnya gulungan ombak Pantai Klayar.

Fenomena yang unik di pantai ini adalah terdapatnya seruling laut. Seruling laut adalah semburan air, seperti air mancur, yang berasal dari deburan ombak yang menembus sebuah lubang di batu karang yang dapat menghasilkan bunyi. Itulah mengapa fenomena ini disebut sebagai seruling laut.

Untuk melihat seruling laut dari jarak dekat, Anda harus memanjat batu karang yang tinggi terlebih dahulu. Di sana Anda akan ditemani seorang tour guide yang bisa dibayar secara sukarela.

Apa saja yang harus diperhatikan saat mengunjungi objek wisata ini?

Hal terpenting adalah transportasi. Hingga saat ini belum ada kendaraan umum untuk menuju Pantai Klayar. Oleh karena itu Anda harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Selain itu, kamera merupakan barang yang wajib Anda bawa ke pantai ini. Tentunya Anda tidak ingin kehilangan momen berharga di pantai ini, bukan?

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!