Pantai Dato - Pantai nan Indah di Sulawesi Barat

In Sulawesi Barat
source:http://indonesia.travel
source:http://indonesia.travel
source:http://indonesia.travel
source:http://indonesia.travel
Written by Riyan Adiyahasya Posted 12th May 2013, 1:39am
Rate this article 

Bagi para pecinta pantai, kali ini kita akan melihat salah satu pantai yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Provinsi ini memang belum begitu terdengar akan objek wisata pantainya. Namun siapa sangka, pantai yang terletak di Dusun Pangale, Majene, Sulawesi Barat, yakni Pantai Dato memiliki bentangan alam yang begitu indah. Hamparan pasir dan aroma pantai tropisnya yang menggoda tentu menjadi sasaran utama bagi wisatawan yang datang ke Pantai Dato.

Pantai dan laut memang menjadi andalan Kabupaten Majene baik sebagai komoditas pariwisata maupun sektor perekonomian. Tak salah bila menyebutkan bahwa Pantai Dato ini menjadi salah satu kebanggaan warga Majene. Pasir pantai dan alam di sekitar Pantai Dato ini pun masih terjaga dengan baik, sangat menyenangkan bila Anda memilih untuk bersantai seraya menikmati debur ombak di bibir pantai.

Yang menarik di pantai ini adalah adanya dua karakter tekstur pesisir yang berbeda. Di salah satu sisi pantai berupa bentangan pasir putih dan di sisi lainnya berupa kontur pantai yang berkarang dan menjorok ke laut. Terlebih terdapat batu karang raksasa yang menambah pesona pantai. Anda bisa menaiki tangga yang terhubung dengan batu tersebut sehingga Anda bisa naik dan menikmati pemandangan pantai atau sunset dari ketinggian.

Selain menikmati pantainya, Anda juga bisa mengeksplorasi kekayaan alam Majene dan tujuan wisata lainnya. Seperti menikmati suasana alam di Puncak Salabose, Air Terjun Malle, Air Terjun Limboro, Pemandian Air Panas Makula, serta suguhan wisata sejarah di makan raja-raja Banggae. Untuk berburu oleh-oleh khas Majene, khususnya tenun sutera khas Mandar, Anda bisa menyambangi rumah-rumah di Desa Bonde. Sementara untuk membeli miniature sandeq (perahu tradisional), Anda bisa mendapatkannya di Kelurahan Barudahduah. Jangan lewatkan juga untuk melihat kehidupan suku asli Sulawesi Barat, yakni suku Mandar.

Kabupaten Majene terletak sekitar 302 kilometer sebelah utara Kota Makassar. Akses menuju ke Pantai Dato memang cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama, kira-kira hanya sekitar 15 menit dari Kota Majene. Kondisi jalan menuju pantainya pun sudah cukup baik. Selama perjalanan Anda akan melewati hutan-hutan kecil dan lading-ladang milik penduduk setempat. Sebelum sampai di bibir pantai, Anda harus terlebih dulu meniti tebing setinggi 30 meter. Setelah menuruni tangga batu yang telah disediakan di sepanjang tebing, maka sampailah Anda dan bisa segera menikmati pasir di Pantai Dato.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!