Pantai Batu Lamampu - Eksotika Ambalat dan Perbatasan Indonesia-Malaysia

In Kalimantan Utara
source:http://www.kaltimtoday.com
source:http://www.kaltimtoday.com
source:http://www.kaltimtoday.com
Written by Nena Nikita Posted 17th January 2014, 9:52am
Rate this article 

Pantai Batu Lamampu terletak di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Menyajikan pemandangan yang teramat indahnya dengan menawarkan pesona Ambalat, perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Keindahan yang luar biasa ini hanya akan anda dapatkan di pantai yang penuh dengan cerita dan melegenda. Keindahan daerah perbatasan antara Indonesia dan negeri jiran ini akan tampak memesona saat anda amati dari Pantai Batu Lamampu karena letaknya yang menghadap langsung ke perbatasan dengan garis pantai yang menakjubkan.

Nama Pantai dengan pasir putih ini diambil dari bahasa Tidung yang berarti "Batu yang timbul". Keadaan pantai yang bersih dan berombak tinggi menjadi semakin digandrungi pengunjung. Nama ini diambil dari kepercayaan masyarakat yang memercayai bahwa di pantai tersebut ada batu yang tumbuh. Bahkan ada yang meyakini bahwa pantai ini dapat mendatangkan jodoh. Namun, semua ini adalah mitos yang kebenarannya tidak dapat dipastikan.

Batu yang konon bisa tumbuh juga menjadi salah satu alasan para pengunjung mendatangi pantai ini. Bahkan tak sedikit yang rela datang ke pantai ini hanya untuk mengikatkan tali di akar-akar yang berada di sekitar batu timbul ini, berharap nama orang yang diikatkan dengan namanya menjadi jodohnya kelak.
Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, apalagi ketika masa liburan. Walaupun pantai ini merupakan pantai yang indah, bersih dengan pasir putih yang membentang, namun pantai ini belum maksimal dikelola.

Untuk dapat sampai di pantai yang indah ini, pengunjung harus terlebih dulu menyeberangi lautan dengan sebuah perahu ke Dermaga Mantikas. Setelah itu pengunjung bisa naik mobil untuk sampai ke Pantai Batu Lamampu. Beragam kegiatan dapat Anda lakukan di pantai ini, seperti bakar-bakar ikan, berenang atau hanya sekedar menikmati pemandangan alam dengan mengabadikannya dengan kamera.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!