Pantai Batakan - Paling Populer di Kalimantan Selatan

In Kalimantan Selatan
source:http://skyteers.blogspot.com
source:http://skyteers.blogspot.com
source:http://www.pasirpantai.com
Written by Nena Nikita Posted 17th December 2013, 12:00am
Rate this article 

Berkunjung ke Kalimantan Selatan, tentu tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Batakan. Wisata bahari yang satu ini terletak di sebelah timur Banjarmasin, tepatnya di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut.

Disebut juga dengan Batakan, karena konon ada dua orang bersaudara yang pergi berlayar dengan menggunakan jukung (sampan) mengarungi sungai Saluang. Tiba-tiba ombak air pasang dan mereka terseret hingga terdampar di sebuah daratan. Kini, daratan itu dijuluki dengan ?gBatakan?h. Dan kini, mayoritas penduduknya memang berprofesi sebagai nelayan mengikuti jejak sang nenek moyang.

Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda sebaiknya menuju ke Kota Pelaihari menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi dan dilanjutkan dengan perjalanan sejauh 40 km ke arah timur. Jalannya bagus karena terbuat dari aspal hortmix mengingat jalan ini dilalui oleh publik. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan sawah luas yang hijau dengan pegunungan sebagai latar belakangnya, menyiratkan kesan asli cantiknya Indonesia. Begitu mendekat, pengunjung akan disambut sebuah tugu yang membelah jalan menjadi dua, kemudian disambut pintu gerbang yang besar, lalu menyusuri jembatan yang panjang, berpapasan dengan rumah warga, dan tibalah di pantai yang kian populer ini.

Pantai dengan warna pasir kecokelatan ini memiliki debur ombak yang relatif kecil. Meskipun airnya tidak terlalu jernih, namun tetap bisa dijadikan sebagai latar belakang yang dapat menghasilkan sebuah karya foto yang bagus. Beberapa pohon kelapa tampak menghiasi tepian pantai, sementara di sisi lainnya, pengunjung juga dapat melihat perkampungan nelayan. Ada pula di tepian terdapat pemandangan Pegunungan Meratus yang tampak hijau menjulang dihiasi indahnya pohon-pohon pinus yang memenuhi sebuah bukit.

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan pengunjung di sini, mulai dari sekedar bermain-main di tepi pantai, membuat istana pasir, berfoto-foto, hingga memancing. Untuk aktivitas yang lebih seru lagi, Anda bisa mencoba datang ke penyedia kuda dan menyewa seekor untuk dapat berkeliling Pantai Batakan. Bagi yang suka olahraga, Anda bisa juga menyewa jet ski atau banana boat dan menghabiskan waktu disini dengan suka cita bersama teman atau keluarga.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyewa perahu warga setempat untuk diantar menuju ke Pulau Datu di seberang. Yap, pulau ini kecil namun dikenal sebagai tempat wisata religi. Pasalnya, terdapat makam seorang wali dalam agama Islam yang dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan. Selesai berkunjung ke Pulau Datu, Anda bisa melanjutkan untuk duduk di teduhan yang tersedia sambil menunggu matahari terbenam. Ada gazebo, ayunan, atau kursi untuk melepas lelah.

Bicara soal fasilitas, di sini lengkap. Tersedia area parkir yang luas, toilet umum, masjid, tempat bermain anak, hingga kamar mandi. Jika ingin menginap di sekitar sini, Anda juga tidak perlu khawatir. Sebab banyak tersedia penginapan berupa cottage atau vila, Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan kantong Anda.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!