Panorama Salju Abadi Pegunungan Jaya Wijaya yang Menakjubkan

In Papua
source:rajakamar.com
source:umumagazine.com
source:danarexa.wordpress.com
Written by Nena Nikita Posted 25th July 2014, 5:03pm
Rate this article 

Deretan pegunungan yang amat menakjubkan dengan puncaknya yang tertutupi oleh salju abadi menjadi pemandangan indah untuk para pendaki dan pecinta alam. Keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh pegunungan Jaya Wijaya ini dapat membuat pengunjung berdecak kagum. Walau kini salju yang menutupi puncak Jaya Wijaya kian berkurang karena keadaan alam secara global. Pegunungan Jaya Wijaya membentang di provinsi Papua Barat Dan Papua. Beberapa puncaknya menjadi puncak tertinggi di Indonesia. Pegunungan ini telah terbentuk ribuan tahun silam dengan sejarahnya yang fenomenal. Terbentuk dari pengangkatan dasar laut yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Pegunungan Jaya Wijaya menjadi destinasi wisata yang menantang sekaligus menjadi surganya bagi pendaki. Keindahan dan keelokannya menjadi daya tarik yang tak pernah hilang dari benak para pendaki dan pecinta alam. Bahkan juga menjadi daya tarik bagi para peneliti geologi dunia. Karena menemuan puncak gunung yang diselimuti salju di kawasan tropis adalah sesuatu yang belum pernah terjadi. Sehingga ini menjadi misteri alam yang sangat ingin dipecahkan para peneliti.

Kepuasan saat berhasil mencapai puncak tertinggi tak pernah dapat diungapkan dengan kata- kata, apalagi panorama dari atas puncak saat memandang hamparan bumi yang berada dibawah kaki pegunungan. Semua akan tampak sangat indah mempesona. Udaranya yang dingin menggigit dengan salju yang pengunjung pijaki akan memberikan sensasi luar biasa yang tak pernah dirasakan. Puncak tertinggi Jaya Wijaya memanjakan dengan keadaan alamnya yang sungguh memanjakan mata.

Nama Jaya Wijaya diberikan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno karena telah berhasil memegang kedaulatan bagi Papua. Sehingga arti dari Jaya Wijaya adalah puncak kemenangan. Sebelum penyatuan antara Papua Barat dan Indonesia pegunungan ini dinamai dengan Pegunungan Orange. Penemu dari pegunungan ini adalah orang eropa yang bernama Carstensz.

Ketinggian puncak pegunungan Jaya Wijaya mencapai 4.800 meter diatas permukaan laut. Sehingga masih belum banyak yang dapat menaklukkan pegunungan ini. Bagi para pecinta alam atau pendaki maka puncak Jaya Wijaya adalah tantangan terbesar yang menjadi incaran. Di bagian pegunungan Jaya Wijaya aka tampak fosil kerang laut di bebatuan gamping, karena terbentunya pegunungan ini dari laut. Sehingga tak heran kalau pegunungan ini menjadi obyek yang diincar banyak pendaki dan peneliti.

Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan stamina yang prima dan persiapan yang matang. Karena pegunungan ini tidak mudah untuk ditaklukkan hanya dengan modal nekat. Diantara 6 puncak pegunungan ini yang tertinggi mencapai 4. 884 meter diatas permukaan laut. Dan banyak misteri yang belum terungkap di puncak Jaya Wijaya ini. Bebatuan yang unik dan puncak yang bersalju selalu menjadi daya tarik untuk diteliti. 

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!