Nuansa Liar di Taman Nasional Baluran

In Jawa Timur
Written by Riyan Adiyahasya Posted 10th March 2013, 6:47pm
Rate this article 

Di Jawa Timur, tepatnya di Taman Nasional Baluran Anda akan merasa seperti sedang berwisata di Afrika. Di sana Anda akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan dimana ratusan rusa berlarian bebas di padang rumput serta merak jantan yang sedang melebarkan ekornya yang indah.

Suasana nyata alam liar dapat dirasakan di tempat ini. Pemandangan menakjubkan yang mungkin selama ini hanya dapat disaksikan lewat layar kaca dapat Anda lihat langsung di Taman Nasional Baluran. Pada musim kemarau curah hujan berada pada titik terendah, Baluran akan menjelma menjadi padang tandus Afrika. Namun pada musim hujan, tempat ini berubah menjadi rerumputan hijau yang menjulang hingga sebatas dada.

Taman Nasional Baluran menyediakan fasilitas untuk para wisatawan berupa penginapan yang tepat berhadapan dengan hamparan savana, dari sini juga Anda dapat melihat aneka satwa yang berkeliaran bebas. Selain itu, wisatawan juga akan dimanjakan dengan keindahan alam menakjubkan seperti vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, dan hutan rawa.

Sedikitnya terdapat 26 jenis mamalia yang hidup di Taman Nasional ini, seperti banteng, kerbau liar, ajag, kijang, rusa, macan tutul, kancil, kucing bakau, dan sebagainya. Satwa banteng merupakan maskot dari Taman Nasional Baluran. Selain itu, terdapat juga 155 jenis burung yang diantaranya termasuk langka seperti burung layang-layang api, tuwuk/ tuwur asia, burung merak, ayam hutan merah, kangkareng, rangkong, dan bangau tong-tong.

Tak habis kejutan yang diberikan Taman Nasional ini. Tidak jauh dari sana, sekitar 15 km dari padang savana terdapat keindahan alam laut yang mempesona di Pantai Bama. Bama merupakan pantai yang landai dan berpasir putih, memiliki terumbu karang dan ikan hias yang indah. Di pantai ini, Anda dapat melakukan kegiatan wisata bahari seperti snorkling, berperahu menyusuri pantai, berkano atau bersampan, berenang, serta diving. Selain itu, di Curah Tangis, Anda bisa mengadu nyali dengan kegiatan panjat tebing setinggi 10-30 meter dengan kemiringan mencapai 85%. Keren!

Untuk mencapai ke tempat ini Anda dapat melalui jalur utama, yakni dari Banyuwangi menuju Batangan dengan jarak 35 km, dilanjutkan menuju Bekol yang memakan waktu sekitar 45 menit atau sekitar 12 km. Pilihan lainnya adalah dari Situbondo-Batangan dengan jarak 60 km menggunakan mobil.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!