Museum Wayang - Wisata Alternatif di Jakarta

In DKI Jakarta
source:kotawisataindonesia.com
source:kotawisataindonesia.com
source:jalanjajanhemat.com
source:jalanjajanhemat.com
Written by Sekar Ayu Melati Posted 3rd August 2013, 12:00am
Rate this article 

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Atau ingin ke tempat wisata unik namun terlalu jauh untuk dijangkau? Coba langkahkan kaki anda ke kawasan Kota Tua, tepatnya Taman Museum Fatahillah, Jakarta Barat. Kawasan ini menyimpan banyak cerita tentang Jakarta dan Indonesia tempo dulu. Mulai dari bangunan Belanda hingga karya seni kebanggaan Indonesia semua tersimpan di taman museum ini. Salah satu yang paling unik adalah Museum Wayang.

Jika ada waktu, sambangilah Museum Wayang, museum yang menyimpan sejarah dan koleksi berharga kesenian tradisional Indonesia. Dalam museum yang terkesan gelap ini, berbagai wayang memancarkan kilauan mereka. Mulai dari yang terkenal seperti wayang Pandawa Lima hingga wayang jaman Revolusi ditampilkan dalam berbaris-baris etalase kaca.

Anda juga dapat mengikuti kisah Ramayana, dimana tokoh-tokoh dari kisah tersebut ditampilkan secara berurutan dalam sebuah lorong. Kemudian, Anda akan sampai di ruangan tempat wayang-wayang dari berbagai negara ditampilkan. Dalam ruangan ini, jika Anda melihat tempat Anda berpijak, Anda akan menemukan ilustrasi jenis-jenis bagian tubuh wayang. Mulai dari mata hingga hiasan rambut wayang memiliki banyak variasi jenis.

Hanya dengan Rp 5.000,00 Anda dapat menikmati warisan leluhur bangsa Indonesia. Museum yang diresmikan pada tahun 1957 ini memang tidak hanya menyimpan koleksi wayang, namun juga set lengkap gamelan. Bangunan yang terkesan klasik juga menambah keindahan dari museum ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!