Museum Tsunami Aceh - Mengenang Tragedi Tsunami yang Maha Dahsyat

In Aceh
source:tsunami-pictures.net
source:purehazel.wordpress.com
source:indesignesia.deviantart.com
source:geolocation.ws
source:http://www.instagram.com/p/oWAPgmQxlm
Written by Rendyadi Amnar Posted 5th March 2013, 12:00am
Rate this article 

Bangunan dengan arsitektur ala rumah tradisional aceh yang dipadukan dengan konsep modern dari sebuah bukit penyelamatan membuat bangunan ini terlihat sangat mencolok dan membuat orang yang melihatnya tergelitik untuk mengunjungi tempat ini. Museum Tsunami Aceh, adalah museum yang sengaja didirikan untuk mengenang kembali peristiwa bencana Tsunami yang maha dahsyat yang menimpa Provinsi Aceh serta menelan korban hingga ratusan ribu jiwa. Museum yang sangat berbeda serta mempunyai nilai edukasi ini dapat Anda jadikan sebagai tempat pilihan untuk dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Aceh.

Helikopter polisi yang hancur diterjang Tsunami merupakan benda yang pertama kali terlihat oleh siapapun yang hendak memasuki museum. Dilanjutkan dengan melewati lorong Tsunami yang merupakan sebuah lorong sempit dan sedikit gelap. Kedua sisi dinding dari lorong Tsunami ini dibasahi oleh air yang melambangkan Tsunami. Selain itu, terdengar lantunan ayat-ayat suci Al-Quran selama berada dalam lorong ini. Foto-foto, film dokumenter saat terjadinya bencana, mengingatkan kembali saat kejadian Tsunami menerjang Aceh yang juga kontan membuat buluk kuduk setiap pengunjung berdiri. Terdapat perpustakaan, ruang alat peraga, ruang 4 dimensi, yang bertujuan untuk mengedukasi pengunjung mengenai Tsunami.

Bangunan dengan konsep rumah tradisional Aceh yang dipadukan dengan bukit penyelamatan ini selain mempunyai fungsi untuk mendokumentasikan bencana Tsunami yang menerjang Aceh serta mengedukasi para pengunjung, juga mempunyai fungsi sebagai tempat perlindungan dari bencana serupa di masa depan, termasuk "Bukit pengungsian" bagi masyarakat jika Tsunami terjadi lagi.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!