Museum Timah - Wisata Edukasi di Bangka Belitung

In Kepulauan Bangka Belitung
source:bangkatour.com
source:www.indonesia.travel
source:www.indonesia.travel
Written by Riyan Adiyahasya Posted 24th June 2013, 9:20am
Rate this article 

Geliat pariwisata di Bangka Belitung memang kian ramai sejak potret keindahan alamnya muncul dalam film layar lebar Laskar Pelangi. Namun tak hanya alamnya yang memikat, tempat-tempat sejarah pun bisa Anda temukan di Belitung.

Kali ini kita akan melihat objek wisata sejarah yang ada di Belitung. Dan salah satu yang paling diminati adalah Museum Timah. Ada apa di sana? Di Museum Timah Indonesia Anda bisa berwisata edukasi mengenal teknologi pertambangan dan sejarah pertimahan di Bangka Belitung, juga melihat benda-benda tradisional yang digunakan oleh penambang sejak zaman dahulu. Siapa sangka, Museum Timah ini adalah satu-satunya di Asia.

Museum ini terletak di Jalan Ahmad Yani nomor 17, Pangkal Pinang. Baru diresmikan pada 2 Agustus 1997. Kemudian pada tahun 2010, karena semakin meningkatnya kunjungan, Museum Timah mulai direnovasi dan koleksi dokumentasi sejarah pertambangan timah yang pesat sejak tahun 1858 pun ditambah.

"Gedung ini pernah menjadi saksi bisu perundingan Komisi Tiga Negara pada 7 Mei 1949"

Selain belajar mengenai sejarahnya, museum ini juga menyimpan peralatan pertambangan timah. Mulai dari yang masih sederhana, hingga yang sudah modern pada zamannya. Lain daripada itu, bangunan museum ini juga dahulu mencatatkan sejarah yang penting bagi kemerdekaan RI. Gedung tersebut pernah menjadi saksi bisu perundingan Komisi Tiga Negara pada 7 Mei 1949 yang berujung pada penyerahan kedaulatan Republik Indonesia pada Desember 1949.

Nama Bangka sendiri berasal dari ?gWangka?h yang berarti timah. Dari dahulu timah di Bangka Belitung ini memang sangat melimpah. Sayangnya potensi tersebut kian dieksploitasi sejak zaman Kesultanan Palembang hingga pasca kemerdekaan. Namun kejayaan tersebut tinggalah sejarah yang boleh dikenang, salah satu tempatnya tak lain adalah Museum Timah ini. Untuk mengunjunginya, museum ini dibuka tiap Senin hingga Jumat, pukul 08.00 ? 16.00 WIB. Di hari munggu, buka sejak pukul 09.00 - 14.30 WIB.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!