Museum Kata Andrea Hirata - The Most Inspiring Place in Indonesia

In Kepulauan Bangka Belitung
source:museumkataandreahirata.blogspot.com
source:madimuktiyonotravelnotes.wordpress.com
source:museumkataandreahirata.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 18th June 2013, 8:54am
Rate this article 

Keindahan alam dan pantai di Bangka Belitung memang selaras untuk dinikmati, ditambah deretan batu di tepi pantai menambah eksotis alamnya. Lain daripada itu, ada hal menarik lain yang bisa Anda temukan di Belitung. Terdapat sebuah museum yang dibangun oleh penulis Andrea Hirata dengan novel terkenalnya "Laskar Pelangi". Museum Kata, begitulah ia menamainya.

Museum Kata adalah museum sastra (literary museum) pertama di Indonesia. Museum ini terletak di sebuah jalan yang namanya sama dengan novelnya, Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Bangka Belitung. Bangunan museum ini tidak jauh berbeda seperti rumah-rumah di sekitarnya yang bergaya melayu. Untuk menemukan museum ini sangatlah mudah karena di sepanjang jalan tersebut Anda akan menemukan plang berwarna jingga yang bertuliskan "Museum Kata Andrea Hirata, Indonesia's Most Inspiring Place".

Museum yang berdiri sejak tahun 2011 lalu ini telah menjadi learning centre dan media untuk mengapresiasikan karya-karya sastra dari para penulis baik di dalam maupun luar negeri. Termasuk di dalamnya karya-karya Andrea Hirata sendiri yang belum pernah diterbitkan. Seluruh dinding ruangan terpasang figura dengan tulisan kata-kata dari novel dan film Andrea Hirata yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.

Beragam alat musik pun menjadi bagian dekorasi museum yang dibangun di atas rumah melayu kuno yang konon berusia dua ratus tahun ini. Sebagai salah satu koleksinya yang menarik, terdapat 24 sampul buku Laskar Pelangi yang telah diterbitkan di 24 negara dengan bahasa yang berbeda-beda pula. Selain itu, di ujung museum juga terdapat warung kopi khas Belitung yang dinamai Kupi Kuli. Anda bisa dengan tenang menyeruput kopi sambil menyerapi suasana dan syahdu dalam setiap kata yang diukir museum ini.

Sesuai dengan namanya, Museum Kata memang dipenuhi kata-kata, penggalan novel, lukisan, benda-benda kuno, koleksi puisi, bahkan secangkir kopi khas Belitung. Museum ini juga telah menjadi tempat dimana Anda bisa melihat representasi karya-karya pria kelahiran 24 Oktober 1982 ini. Oleh karena itu, Museum Kata akan menjadi tempat paling menarik yang Anda kunjungi di Belitung, sayang sekali bila dilewatkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!