Museum Batak Balige - Wisata Menyusuri Kebudayaan B...

In Sumatera Utara
source:deliheritageclub.wordpress
source:.wikipedia.org
source:wikimedia.org
Written by Riyan Adiyahasya Posted 29th July 2013, 5:53am
Rate this article 

Selain menjadi tempat berwisata, museum juga merupakan tempat untuk menimba ilmu pengetahuan tentang sejarah dan budaya suatu bangsa. Di museum satu ini, kita akan disuguhkan bukti-bukti peninggalan sejarah dan nilai-nilai kebudayaan salah satu suku yang ada di Pulau Sumatera, yaitu suku Batak. Museum ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, atau tepatnya di Komplek TB Silalahi Center, Balige.

Museum Batak Balige dibangun dengan upaya untuk pelestarian dan pemanfaatan warisan kebudayaan dan sejarah etnik Nusantara, khususnya suku Batak. Museum ini bahkan dinobatkan sebagai museum Batak terlengkap, ter-modern, dan termegah di Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai artefak, naskah kuno Batak, serta unsur-unsur kebudayaan Batak lainnya dengan upaya memberikan inspirasi serta pengetahuan bagi generasinya.

Museum Batak Balige didirikan pada 7 Agustus 2006 dan diresmikan pada 17 April 2008 oleh Letjen (Purn). Dr. TB Silalahi. Sementara pembukaan resminya baru dilakukan pada 18 Januari 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Untuk bisa masuk dan melihat beragam koleksi museum ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp. 10.000,- per orangnya, sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp. 5.000,-.

Museum yang menyimpan koleksi peninggalan budaya Batak terlengkap ini sedikitnya memiliki 1.000 koleksi artefak dan peninggalan sejarah dari 6 puak Batak, yaitu Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak, dan Angkola. Ke-enam puak Batak tersebut secara sosial-kultural memiliki peran penting di wilayahnya. Pengunjung juga bisa melihat miniatur Huta Batak yang berisi rumah tradisional Batak Toba yang berusia ratusan tahun. Tersimpan pula tiruan boneka gale-gale, yaitu patung yang dapat menari khas dari Batak.

Selain benda-benda bernilai seni tinggi, Anda juga bisa meresapi nasihat-nasihat leluhur suku Batak, seperti: Paias Rohamu (bersihkan hatimu), Paias Pamatanganmu (bersihkan tubuhmu), serta ada juga nasihat menarik lainnya, seperti Hamoraon (carilah rezeki dan keberuntungan), Hagabeon (carilah kesempurnaan hidup), dan Hasangapon (carilah kehormatan dan kemuliaan).

Puas menikmati berbagai koleksi museum, komplek TB Silalahi Center pun tersedia beberapa tempat yang menjual berbagai suvenir khas dari Batak, seperti kain tenun ulos, patung khas Batak, sarung Balige, dan kerajinan lainnya. Jika berkesempatan ke museum ini, jangan lupakan juga untuk menikmati pesona Danau Toba yang indah dan legendaris.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!