Moramo - Air Terjun Bertingkat Paling Indah Di Indonesia

In Sulawesi Tenggara
source:jalan2.com
source:kaskus.co.id
Written by Aditya Tri Hutama Posted 2nd March 2015, 2:21pm
Rate this article 

Keberadaan air terjun yang ada di Indonesia sangat banyak tetapi sedikit yang memiliki keindahan natural akibat proses dari kreasi alam bertahun-tahun lamanya. Salah satu yang terbaik di Indonesia adalah air terjun Moramo di Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe. Air terjun istimewa ini adalah air terjun yang dinilai langkah keberadaanya di Indonesia. Dengan goresan alami yang ada di sisi batuan granit, air terjun ini memancarkan keistimewaan yang khas ketimbang dengan air terjun lainnya di Indoenesia.

Air terjun Moramo terbentuk kurang lebih dari proses alami ribuan tahun yang lalu. Hasil kreasi alam ini menjadikan landscape yang indah ketika dialiri air deras dari atas. Air akan meluncur indah di atas batuan granit bersusun. Tumpukan-tumpukan batuan granit yang bersusun indah ini sangat memuaskan mata ketika dipandang berlama-lama. Ketinggian susunan batuan granit ini berkisar antara 0.5 sampai 3 meter. Anda pasti bertanya-tanya bagaimana keindahan air terjun ini ketika air sedang deras-derasnya.

Menurut warga sekitar yakni masyarakat Konawe percaya mitos bahwa beberapa bidadari kerap turun dari langit untuk mandi di tempat ini. Konon ceritanya seperti itu, entah benar keberadaannya atau seperti apa belum bisa divisualisasikan. Keindahan landscape Air Terjun Moramo juga akan sangat istimewa jika sedang ada pancaran pelangi yang sering muncul ketika buih air terjun terkena pantulan sinar matahari. Anda pasti akan takjub melihat panorama yang tersaji ini. Tidak perlu harus keluar negeri hanya untuk menyaksikan panorama istimewa ini. Di Indonesia sudah ada tempat istimewa yang tidak ada duanya.

Dengan bentuk yang bertingkat-tingkat dan mempunyai jumlah undakan yang banyak menjadikan air terjun ini fantastis untuk dipotret dan dijadikan kenang-kenangan yang tidak pernah dilupakan. Ada 7 tingkat utama dan ada 60 lebih tingkat kecil yang berpadu menjadi satu. Di bawah guyuran air yang turun dari atas terdapat beberapa kolam alami yang terbentuk dari guyuran air terjun lampau pada waktu itu. Pada kolam-kolam kecil ini Anda bisa melakukan kegiatan berenang dan mandi. Air yang segar dan bersih akan sangat enak untuk dijadikan terapi kesegaran dari hiruk pikuk kesibukan yang sering melanda.

Selain itu pembaca sekalian, lingkungan di sekitar Air Terjun  Moramo juga tidak kalah asrinya, pemandangan hijau nan sejuk memayungi kawasan ini dengan lestari. Aneka fauna dan flora siap menyambut Anda  dengan santainya. Ada burung, kupu-kupu, berbagai satwa endemik seperti anoa dan tanaman berbunga lainnya. Flora dan fauna di kawasan ini paham betul bahwa kawasan ini masih asri untuk ditinggali. Ekosistem seperti inilah yang menjadikan suasana di Air Terjun Moramo enak untuk dijadikan berwisata.

Perlu wisatawan ketahui juga bahwa Air Terjun Moramo ini ada di dalam kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa. Dan di dalam kawasan inilah diperkirakan terdapat kandungan marmer terbaik di dunia. Beberapa pengamat dan peneliti sudah melakukan observasi dan membenarkan bahwa di kawasan Air Terjun ini terdapat tambang marmer terbaik di dunia. Diperkirakan terdapat 860 miliar meter kubik marmer kualitas terbaik yang pernah ada di dunia.  Wow, sungguh kaya Indonesia ini, selain panorama tersembunyinya ternyata terdapat cadangan sumber mineral yang luar biasa. Penasaran dengan berbagai hal terkait Air Terjun Moramo, Ayo segera kunjungi tempat wisata ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!