Monumen Nasional - Gagahnya Tugu Kebanggaan Orang Indonesia

In DKI Jakarta
source:id.wikipedia.org
source:id.wikipedia.org
source:layoverguide.com
source:sambergledek.deviantart.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 10th May 2013, 9:04am
Rate this article 

Bagi masyarakat Ibukota, tentu sudah tidak asing lagi bila melihat Monas atau Monumen Nasional. Setiap harinya, warga Jakarta bisa dengan mudah melihat kemegahan tugu ini. Terletak di pusat Kota Jakarta, Monas menjadi tempat wisata sekaligus pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Monumen yang menjulang tinggi di langit Jakarta ini memiliki tinggi 132 meter dengan sebuah mahkota di atasnya. Mahkota tersebut berbentuk sebuah lidah api setinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter, juga dilapisi emas seberat 35 kg. Lidah api tersebut terdiri atas 77 bagian yang disatukan.

Di dalam monumen, pengunjung bisa naik menggunakan lift ke pelataran puncaknya. Di sana terdapat sebuah ruangan seluas 11x11 meter yang dapat menopang 50 orang. Di ruangan tersebut pengunjung bisa melihat panorama Jakarta dari segala penjuru.

Di bagian bawah Monas terdapat ruangan yang difungsikan sebagai Museum Sejarah Nasional. Di museum tersebut terdapat 48 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dari masa kerajaan hingga masa Orde Baru. Selain itu, di bagian dalam cawan monumen pun terdapat Ruang Kemerdekaan yang menyimpan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, lambang negara Indonesia, peta Indonesia yang berlapis emas, dan bendera merah putih.

Monumen kebanggaan bangsa Indonesia ini memang menyimpan banyak sekali sejarah dan pengetahuan mengenai Indonesia. Jika Anda belum pernah berkunjung ke Monas, objek wisata ini sangat wajib Anda kunjungi. Dibuka untuk umum mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 setiap harinya. Pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 2.000. Namun jika ingin mencapai puncak Monas, pengunjung dikenakan tiket kembali sebesar Rp 7.000 per orang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!