Menyingkap Eksotisme Teluk Mayalibit di Kepulauan Raja Ampat

In Papua Barat
source:http://siskanurifah.wordpress.com
source:http://www.panduanwisata.com
source:http://anditytravel.wordpress.com
source:http://www.panduanwisata.com
Written by Nena Nikita Posted 13th February 2014, 3:17am
Rate this article 

Kepulauan Raja Ampat mempunyai pesona yang telah dikenal dan melegenda. Kekayaan biota laut dan keindahan alamnya yang memukau memanjakan setiap wisatawan yang mengunjunginya. Beberapa pulau yang berada di Kepulaun Raja Ampat ini menawarkan wisata alam nan eksotis. Salah satunya adalah Teluk Mayalibit yang terletak di Pulau Waigeo, pulau terbesar di Raja Ampat. Teluk Mayalibit mempunyai sensasi yang amat mengagumkan siapa saja yang menyaksikannya.

Pengunjung akan menemukan pesona alam yang unik dan lain dari yang lain. Pasalnya, teluk ini dikelilingi oleh dinding-dinding bebatuan karang yang terkesan melindungi keberadaan teluk ini. Selain teluknya yang tertutup oleh dinding batu karang, teluk ini mempunyai air yang jernih dan kekayaan biota laut yang dapat pengunjung saksikan tanpa harus menyelam ke dalam air.

Kesan eksklusif akan tampak saat pengunjung memperhatikan keadaan teluk. Bebatuan yang mengelilingi teluk ini membatasi pertukaran air dalam teluk, serupa danau air laut yang menyimpan pesona keindahannya. Karena alasan inilah yang membuat kawasan ini menjadi wilayah yang dilindungi. Terlepas dari itu, kawasan ini mempunyai potensi alam yang luar biasa besar, dari kekayaan laut dan hutan bakaunya.

Nama Teluk Mayalibit konon diambil dari nama suku yang menempati pulau ini, Suku Maya. Teluk ini mempunyai panorama yang sangat indah, dengan latar belakang perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau dan juga airnya yang jernih menjadikan apapun yang berada di kedalaman air nampak jelas. Adakalanya saat air pasang ikan-ikan masuk ke pemukiman penduduk. Biasanya fenomena ini terjadi saat bulan mati. Dengan adanya fenomena ini, penduduk tak perlu susah-susah untuk mencari ikan. Mereka hanya tinggal mengumpulkan ikan-ikan yang masuk ke rumah mereka yang berada di tepi laut.

Menyaksikan aktivitas penduduk di pulau ini, yang masih menggunakan peralatan dan cara tradisional, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, pengunjung dapat menggunakan kapal untuk mengelilingi teluk Mayalibit sambil menikmati keindahan alamnya yang luar biasa.

Salah satu tempat yang populer dikunjungi oleh wisatawan di teluk ini adalah batu kemaluan. Sesuai namanya, batu tersebut memang berbentuk layaknya alat genital laki-laki yang terbentuk dari stalaktit batu karang yang menggantung di atas air.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!