Menyibak Keindahan Danau Toba dan Budayanya

In Sumatera Utara
source:www.bubblews.com
source:pasarrodi.com
source:lifeistravelling.wordpress.com
source:tobaexplorer.wordpress.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 7th March 2013, 12:00am
Rate this article 

Masyarakat di provinsi Sumatera Utara tentunya sangat bangga akan danau nan indah dan terluas di Asia tenggara ini. Danau Toba merupakan potensi pariwisata alam Indonesia yang menakjubkan.

Danau Toba memiliki luas 1.145 kilometer persegi, yang seolah menjadi lautan yang menyimpan sejuta pesona. Di sana Anda dapat menikmati alam pegunungan yang sejuk, serta mengarungi danau ke Pulau Samosir yang sarat akan kebudayaannya.

Danau Toba memang merupakan salah satu keajaiban alam di Indonesia. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Toba yang maha dahsyat. Letusan super volcano ini diperkirakan terjadi pada 73.000-75.000 tahun yang lalu. Terjadi selama satu minggu dan melontarkan debu mencapai 10 km di atas permukaan laut. Hingga mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya zaman es.

Kini Danau Toba telah menjadi salah satu andalan pariwisata di Sumatera Utara. Bukan hanya panorama alamnya yang memukau, di tengah danau terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang merupakan daerah asal usul Suku Batak Toba. Di pulau ini Anda bisa menjumpai ragam tradisi Batak yang masih orisinil. Rumah-rumah tradisional, tarian-tarian, dan beragam kerajinan tangan khas Suku Batak dapat dijumpai di sini. Selain itu, di tengah pulau juga terdapat dua danau bernama Danau Sidihoni dan Aek Natonang yang tak lekang akan keindahannya.

Selain menatap keindahan danau dan menyaksikan ragam budaya di dalamnya, Danau Toba juga kaya akan sejarah. Terdapat situs peninggalan zaman purbakala seperti makam Raja Sidabutar yang berusia lebih dari 500 tahun, kuburan batu, serta patung sigale-gale yang merupakan salah satu maskot Provinsi Sumatera Utara. menikmati pesona Danau Toba memang tak cukup hanya sesaat. Bila ingin bermalam, di sekitar kawasan danau juga terdapat beberapa resort yang menyediakan beragam fasilitas yang komplit, seperti restoran, kafe, hingga art shop.

Bagaimana cara ke Danau Toba?

Untuk menuju Danau Toba Anda terlebih dahulu harus menuju kota terdekat yakni Kota Parapat. Kota ini berjarak sekitar 175 km atau 5 jam perjalanan dari Medan. Setibanya di Medan, Anda bisa mengambil rute bus Medan-Parat di Terminal Bus Amplas dengan tarif sekitar Rp 30 ribu yang memakan waktu perjalanan 4 jam. Saat tiba di Parapat, Anda dapat menaiki kapal feri ke Pulau Samosir. Kapal feri beroperasi dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Dengan dua tempat berlabuh di Desa tradisional Tomok dan Tuk Tuk.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!