Menyelam Di Surga Bawah Laut Pulau Banda

In Maluku
source:svananegriku.blogspot.com
source:travelingizzy.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 10th February 2015, 2:39pm
Rate this article 

Menjadi pulau yang terkenal dengan produsen rempah-rempahnya menjadikan Pulau Banda terkenal ke seantero penjuru dunia. Dahulu kala pulau Banda sering disinggahi oleh kapal-kapal berbendera asing yang ingin membeli rempah-rempah khas Pulau Banda. Banyak kapal dari Cina, India dan Arab yang tergiur untuk berbisnis rempah-rempah. Hingga saat inipun Pulau Banda terkenal ke seantero penjuru dunia dengan buah palanya yang berkualitas. Ada 2 pulau yang menjadi lumbung buah pala ini tumbuh yakni Pulau Banda Besar dan Pulau Naira.

Hiruk pikuk bisnis buah pala yang menjamur di Pulau Banda tidak menyilaukan para travelling yang hadir ke pulau kecil ini. Silaunya bisnis rempah-rempah tidak mengganggu sedikit pun aktivitas liburan para wisatawan yang ada disini. Seolah sudah menjadi surga yang terpendam, Pulau Banda tanpa harus promosi besar-besaran sudah mengundang para turis untuk singgah ke tempat damai ini. Dengan jumlah pulau yang tidak terlalu banyak menjadikan Pulau Banda eksklusif dan tentram. Hanya ada beberapa pulai kecil dan tiga pulau besar yang menaungi daerah Pulau Banda ini. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Banda Besar, Pulau Naira dan Pulau Gunung Api.

Beragam aktivitas bisa wisatawan lakukan di tempat ini, mulai dari penyelaman, berenang di laguna, menyaksikan aktivitas masyarakat memanen buah pala atau kegiatan santai di tepi pantai untuk berjemur. Beberapa spot penyelaman indah tersebar di Pulau Banda ini, Anda akan dibuat bingung untuk memilih spot penyelaman yang akan digunakan di Pulau Banda. Rekomendasi dari pengelola Pulau Banda spot terbaik yang ada di kawasan ini terletak di Pulau Gunung Api. Diantara pulau-pulau kecil inilah terdapat spot dengan keindahan karang dan ikan-ikan cantik di bawah airnya.

Dengan kondisi air yang jernih dan tenang menjadikan proses penyelaman terasa nikmat dan mengasyikkan. Anda yang hobi dengan kegiatan penyelaman akan sangat tergiur dengan keindahan bawah laut Pulau Banda. Tidak hanya karang-karang indah yang bisa Anda saksikan, beberapa primata laut bisa Anda lihat dengan jelas lalu lalang di perairan ini. Ada hiu, kura-kura besar, ikan napoleon wrasse, ikan kerapu raksasa, ikan tuna sinar mobula, ikan paus, lumba-lumba pemintal, cepluk redtooth, lobster besar dan ikan-ikan endemik lainnya di Perairan Banda.

Salah satu event di Pulau Banda yang juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah kegiatan akbar Sail Banda. Sail Banda adalah kegiatan tahunan berlevel internasional yang dipusatkan di Pulau Banda. Ribuan wisatawan asing dan domestik akan memenuhi Pulau Banda untuk melakukan beragam kegiatan selama event akbar ini dilakukan. Acara puncak yang dilakukan di Sail Banda ini adalah kegiatan penyelaman akbar bersama-sama di salah satu pulau di kawasan Banda. Pengalaman menarik pasti Anda dapatkan di perayaan festival besar ini, banyak kapal pesiar dan perahu layar yang hulir mudik di sekitar perairan. Pemandangan yang jarang sekali Anda temui pastinya.

Untuk melengkapi daftar spot penyelaman di Pulau Banda, berikut ini penulis paparkan beberapa spot menarik yang bisa Anda jadikan rujukan ketika sedang berada di Pulau Banda. Spot pertama ada di Sonegat letaknya antara Banda Neira dan Gunung Api, spot kedua ada di Pulau Keraka, spot ketiga ada di Pulau Sjahrir Batu Kelapa, spot keempat ada di Pulau Lontar, spor kelima ada di Pulau AI. Dari kelima spot inilah Anda bisa menyaksikan surga bawah laut yang menajubkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!