Menyelam Dengan Sunfish Di Selat Patar

In Nusa Tenggara Timur
source:http://indonesia.travel
source:http://indonesia.travel
source:http://indonesia.travel
Written by Aditya Tri Hutama Posted 3rd June 2014, 5:03am
Rate this article 

Selat Patar adalah salah satu destinasi penyelaman kelas dunia yang dimiliki Indonesia saat ini. Letak dari Selat Patar ini sendiri berada di antara Pulau Alor dan Pantar. Selat dengan kondisi sempit ini terkenal hingga ke seantero penjuru dunia karena di dalam Selat Patar ini hidup ekosistem ikan-ikan langka Sunfish. Hal inilah yang menjadi pembeda dan ciri khas dengan spot penyelaman yang ada di tempat lain, momen bertemu dengan ikan langka seperti ini banyak dicari oleh para penyelam.

Menurut beberapa penyelam profesional yang sering melakukan kegiatan di kawasan ini, ada bulan-bulan khusus yang tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan penyelaman. Bulan-bulan khusus tersebut adalah bulan Oktober dan November, dimana pada kedua bulan ini kawasan Selat Patar sangat tidak bersahabat. Jangankan manusia, ikan-ikan kecil yang ada di selat ini biasanya mati terkena ombak keras yang kadang datang tiba-tiba dan menghantam dinding pantai.

Keelokan bawah laut Selat Patar tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata saja, banyak penyelam profesional yang datang disini seolah terpanah dengan ekosistem dan lingkungan bawah laut yang terbangun di Patar. Bagaimana tidak, disini penyelam bisa menyelam bersama ikan Sunfish yang langka. Tidak hanya satu ikan saja, tetapi ada banyak Sunfish yang ikut berenang menyertai para penyelam. Lingkungan bawah laut yang seperti inilah yang tidak ditemui di tempat manapun.

Menurut beberapa peneliti yang ada di daerah Alor menyebutkan bahwa di dasar laut Selat Patar tidak kurang ada sekitar 50 ekor ikan Sunfish yang tinggal di bawah laut. Dan menurut catatan penyelam profesional yang sering datang ke Selat Patar ada sekitar 26 lokasi penyelaman yang bisa Anda datangi dan coba taklukkan satu persatu. Beberapa spot tersebut berada disekitar Kepa, Ternate, Matap, Tanjung Pulau dan Pura.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!