Menikmati Suasana Ramadhan di Masjid Terapung Makassar

In Sulawesi Selatan
source:http://www.muhyasir.wordpress.com
source:http://www.makassarkota.go.id
Written by Gevintha Karunia Maully Posted 12th July 2013, 5:18am
Rate this article 

Bangunan peribadatan saat ini tidak hanya didirikan di darat. Di Kota Makassar, terdapat sebuah masjid kebanggaan masyarakat setempat yang dibangun di atas laut. Masjid tersebut bernama asli Masjid Amirul Mukminin, namun terdapat beberapa sebutan lain untuk masjid ini, di antaranya Masjid 99 Al-Makazzary dan yang paling sering disebut yaitu Masjid Terapung Makassar.

Masjid terapung ini berlokasi di tengah keramaian kota Makassar, yaitu di area Pantai Losari yang menjadi ikon Kota Makassar. Meskipun masjid ini masih belum sepenuhnya selesai dibangun, namun Makassar harus bangga karena masjid ini merupakan masjid terapung pertama di Indonesia.

Arsitektur bangunan masjid ini terbilang cukup unik. Masjid ini disangga oleh beton-beton kuat yang dapat menahannya dari gerusan air laut. Dominasi warna putih dan abu-abu pada bangunan masjid memberikan kesan suci dan bersih. Selain itu, kubah masjid yang berwarna biru dengan motif mozaik terkesan menyatu dengan keadaan alam di sekitar masjid, yaitu langit dan air laut yang berwarna biru.

Pemandangan di sekitar masjid ini juga sangat menarik. Ketika Anda beribadah di dalam masjid yang dapat menampung hingga 500 jamaah tersebut, Anda seperti berada di tengah lautan luas yang akan membuat Anda merasa nyaman dan tentunya menambah kekhusyukan Anda dalam beribadah.

Ketika senja menjelang, pemandangan masjid ini akan lebih luar biasa. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari masjid ini sambil menunggu adzan maghrib berkumandang. Hal itu bisa menjadi salah satu agenda ngabuburit yang menyenangkan bukan?

Jadi, apabila bulan Ramadhan ini Anda berkesempatan mengunjungi Kota Makassar, tidak ada salahnya mengunjungi Masjid Amirul Mukminin atau Masjid Terapung Makassar untuk menkmati suasana Ramadhan yang menyenangkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!