Menikmati Pesona Air Terjun Bertingkat Air Terjun Sendang Gile

In Nusa Tenggara Barat
source:jejakliburan.wordpress.com
source:hms27010yulis.wordpress.com
source:panoramio.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 8th August 2014, 10:19am
Rate this article 

Tidak banyak air terjun di Indonesia yang memiliki tipe air terjun bertingkat, satu dari sekian air terjun yang ada di Indonesia dengan tipe bertingkat adalah Air Terjun Sendang Gile di Pulau Lombok. Air terjun ini sangat diminati para wisatawan yang berkunjung di Pulau Lombok karena kekaguman pesona air terjunnya yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Letaknya yang berada di kaki Gunung Rinjai menjadikan Air Terjun ini sangat istimewa dan terjaga kemurnian air dari sumber mata airnya. Dengan hembusan kabut dari tetesan air yang terbawa angin menjadikan suasana semakin menakjubkan dan serasa sejuk.

Untuk mencapai Air Terjun Sendang Gile ini Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk bisa menjangkaunya dari Kota Mataram dengan kendaraan pribadi tentunya. Nantinya Anda akan disambut untuk memasuki Desa Senaru yang berarti Anda sudah dekat dengan wisata air terjun bertingkat ini. Perlu penulis beritahukan juga bahwa di Desa Senaru ini ada 2 air terjun dengan satu aliran yang sama, yakni Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Air Terjun Tiu Kelep letaknya di atas dari Air Terjun Sendang Gile. Keduanya mengalir dari sebuah tebing yang tingginya mencapi 30 Meter.

Dinamakan air terjun bertingkat karena tebing-tebing yang teraliri air tersebut memiliki kontur yang bertingkat-tingkat, sehingga jika dilihat dari dasar air terjun akan terlihat seperti anak tangga. Suasana bertambah hijau dan sejuk dengan menyatunya tebing-tebing bertingkat tersebut dengan rumput dan dedaunan yang tumbuh di sela-sela tebingnya. Dan jika Anda sedang beruntung Anda bisa menyaksikan lengkungan pelangi yang muncul di tengah-tengah air terjun tersebut.

Untuk bisa menjangkau Air Terjun Sendang Gile ini, Anda cukup berjalan kaki sekitar 15 menit masuk ke hutan dengan meniti anak tangga yang tidak terlalu curam. Air terjun ini cocok jika Anda tidak menyukai medan yang terlalu berat dan memang ingin bersantai untuk menyejukkan pikiran. Tetapi jika Anda ingin medan yang sedikit berat Anda bisa meneruskan perjalan selama 45 Menit untuk bisa menjangkau air terjun di atas Air Terjun Sendang Gile tersebut.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!