Menikmati Pemandangan Alam di Air Terjun Blang Kolam

In Aceh
source:http://travel.detik.com
source:http://beautiful-indonesia.umm.ac.id
Written by Nena Nikita Posted 29th April 2014, 6:34am
Rate this article 

Berkunjung ke Kota Lhokseumawe tidak lengkap jika tidak datang ke Air Terjun Blang Kolam. Objek wisata alam yang satu ini sejak dulu memang menjadi pilihan wisata yang diminati oleh masyarakat lokal maupun dari luar Aceh. Keindahan alam dari air terjun ini memberikan kesan tersendiri serta rasa nyaman bagi pengunjung sehingga mereka akan betah berlama-lama menikmati pemandangan sekitar air terjun yang menakjubkan. Walaupun sempat terbengkalai ketika terjadi kerusuhan di Aceh beberapa tahun silam, air terjun ini kembali menjadi wisata alam yang banyak diminati untuk liburan. Selain itu, pemerintah juga melakukan beberapa perbaikan sehingga wisata alam ini kembali menjadi tujuan wisata favorit seperti dulu.

Berada di wilayah Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, sekitar 21 kilometer dari Kota Lhokseumawe, lokasi Air Terjun Blang Kolam tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor untuk menuju kesana. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan angkutan umum berupa labi-labi ataupun becak motor yang menuju lokasi air terjun. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat menuju daerah Cunda. Mereka juga dapat menempuh perjalanan menuju lokasi wisata alam tersebut melalui Krueng Geukuh ataupun dari wilayah Kandang. Selanjutnya dapat mengikuti petunjuk jalan yang tertera cukup jelas di beberapa titik jalan. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, labi-labi dapat ditemukan di pangkalan sedangkan becak umum dapat ditemukan di persimpangan jalan ataupun jalan-jalan yang dilewati. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, mereka akan dikenai biaya parker yang cukup mahal tetapi keamanan tetap terjaga. Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung dapat melihat sebuah gerbang menuju Air Terjun Blang Kolam. Dari gerbang tersebut, setiap pengunjung harus menuruni 660 buah anak tangga untuk menuju lokasi air terjun tersebut. Walaupun melelahkan, sepanjang perjalanan menuruni anak tangga yang sangat banyak tersebut pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa.

Air Terjun Blang Kolam memiliki pemandangan yang sangat indah dan asri dikelilingi rimbunnya pepohonan dan suasana hutan yang alami. Sepanjang perjalanan menuju air terjun setinggi 75 meter ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan dan pedesaan yang menyejukkan. Disini, pengunjung dapat menemukan beberapa penjual makanan dan minuman di lokasi air terjun sehingga mereka tak perlu khawatir merasa lapar. Tetapi, setiap pengunjung juga dapat membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran selama berwisata. Selain itu, fasilitas yang disediakan disini juga cukup lengkap. Disini terdapat mushola dan toilet serta aliran listrik yang dapat digunakan untuk mengisi daya kamera maupun handphone. Selain lahan parkir yang dijaga dengan baik, keamanan disini juga terjaga dimana di sekitar air terjun pun terdapat penjaga. Mereka dengan sigap akan menolong wisatawan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu saja, ini akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan dimana para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dengan fasilitas dan keamanan yang cukup menjanjikan. Untuk menambah kemeriahan wisata alam, disini pengunjung bisa piknik bahkan mengadakan acara memanggang makanan bersama keluarga atau teman-teman dengan membawa peralatan dan perlengkapan sendiri. Untuk masuk ke dalam melihat Air Terjun Blang Kolam, setiap pengunjung dikenai biaya masuk yang tidak terlalu mahal untuk biaya kebersihan tempat wisata. Walaupun begitu, setiap pengunjung tetap harus menjaga kebersihan tempat wisata dengan tidak mengotori dan membuang sampah sembarangan demi kenyamanan berwisata bersama.

Berwisata di Air Terjun Blang Kolam, pengunjung disarankan untuk membawa barang-barang seperlunya. Karena jika berlebihan akan memberatkan bawaan ketika melakukan perjalanan menuju air terjun dan jika kekurangan akan repot untuk naik ke atas mengambilnya lagi jika meninggalkannya di kendaraan. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, pengunjung diharuskan berhati-hati saat menuruni tangga. Karena tangga yang dipijaki sudah berumur, berlumut dan licin. Selain itu, beberapa anak tangga sudah ada yang bergeser atau rusak. Demi kenyamanan liburan, pengunjung disarankan memantau cuaca saat akan berkunjung kesini karena akan sangat mengganggu jika hujan tiba-tiba turun. Pada hari libur, biasanya jumlah pengunjung akan sangat banyak. Jadi, agar bisa bebas berwisata di air terjun ini, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja. Berkunjung ke Air Terjun Blang Kolam akan menjadi moment liburan yang menyenangkan apalagi jika bisa datang bersama keluarga maupun teman-teman dimana dapat merasakan suasana alam yang luar biasa.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!