Menikmati Keindahan Sumbar dengan Lokomotif Tua

In Sumatera Barat
source:itineraryku.blogspot.com
source:palantabudaya.blogspot.com
source:wisataqta.webs.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 12th June 2013, 3:47am
Rate this article 

Museum Kereta Api Sawahlunto merupakan museum kereta api ke dua di Indonesia setelah Museum Ambarawa di Jawa Tengah. Awalnya museum ini adalah sebuah stasiun kereta api yang dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1918, dan baru diresmikan pada 17 Desember 2005. Di museum ini dipajang berbagai peralatan perkeretaapian yang telah berumur 100 tahun, lengkap dengan segala informasinya. Museum Kereta Api Sawahlunto siap mengajak Anda menembus waktu ke zaman pra kemerdekaan.

Berlokasi di Jalan Kampung Teleng, Sawahlunto, bangunan museum ini dibiarkan tak berubah seperti asalnya, tiang-tiang, peron, serta desain stasiun sangat sarat dengan zaman konolial Belanda. Memiliki ratusan koleksi peralatan kereta api seperti alat-alat sinyal kereta, dongkrak rel, label pabrik, serta foto-foto dokumentasi tentang perkeretaapian di Sumbar. Di halaman museum juga terdapat beberapa gerbong ketel, gerbong pengangkut batubara, beberapa lori wisata dan dua kereta yang berdinding kayu.

?gSetiap akhir pekan museum ini menyediakan perjalanan wisata menggunakan lokomotif uap bertenaga batu bara?h

Bagi Anda yang ingin berwisata sejarah ke museum ini, museum Kereta Api Sawahlunto buka dari hari Selasa-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Biaya masuknya pun sangat murah, yakni Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Yang lebih menariknya, setiap akhir pekan museum ini menyediakan perjalanan wisata menggunakan lokomotif uap bertenaga batu bara. Kereta wisata tersebut memiliki rute perjalanan yang menyajikan keindahan alam Sumatera Barat. Cukup dengan membayar Rp 15.000, Anda sudah bisa menikmati perjalanan kereta melewati perbukitan hijau, persawahan, dan terowongan sepanjang 800 meter.

Salah satu rute kereta wisata ini adalah rute Padang Panjang ? Sawahlunto, sepanjang perjalanan kereta wisata ini akan membelah pegunungan Sumatera Barat dan melewati Danau Singkarak yang terkenal akan keindahannya. Selain itu, terdapat juga kereta api wisata yang diberi nama ?gMak Itam?h dengan rute Sawahlunto ? Muara Kalaban. Sensasi luar biasa akan Anda rasakan ketika kereta wisata ini memasuki terowongan Lubang Kalam dengan diiringi asap dan lengkingan suara dari lokomotif uap.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!