Menikmati Keindahan Pulau sambil Berkemah di Semak Daun

In DKI Jakarta
source:guides.besttravelpictures.com
source:riskydarmawan.blogspot.com
source:riskydarmawan.blogspot.com
source:guides.besttravelpictures.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 20th September 2013, 12:00am
Rate this article 

Kegiatan alam seperti berkemah menjadi hal yang sering kali menjadi pilihan wisata favorit bagi kalangan yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Berkemah juga merupakan salah satu pilihan menarik terlebih di alam berupa pantai dan pulau yang eksotis.

Untuk itu, tak jauh dari Ibukota Jakarta, terdapat suatu pulau yang bisa Anda jadikan tempat berkemah di tengah lautan biru dan pasir putih, yaitu Pulau Semak Daun.

Mungkin bagi sebagian orang nama pulau ini belum familiar. Namun, Pulau Semak Daun merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Lalu apa yang istimewa dari pulau satu ini dibanding pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu?

Selain pemandangannya yang menakjubkan, di Pulau Semak Daun ini terdapat penangkaran penyu hijau dan penyu sisik yang merupakan penyu langka dan jarang ditemukan. Banyak juga spot-spot untuk snorkeling dan bertemu ikan-ikan cantik di tengah taman karang yang masih terjaga kealamiannya!

Sama seperti halnya di penangkaran lain, di pulau ini para wisatawan bisa ikut dalam kegiatan penangkaran meliputi penetasan telur, perawatan anak penyu, hingga siap untuk dilepaskan ke laut bebas. Sementara itu, tentunya tersaji lautan yang dominan berwarna turquoise bak di perairan Lombok dan pulau-pulau surga lainnya.

Bagaimana Cara Menuju Semak Daun?

Ada beberapa pelabuhan-pelabuhan di utara Jakarta untuk menuju Pulau Semak Daun. Di antaranya melalui Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan speed boat. Bisa juga menyeberang dengan kapal kayu dari dermaga Muara Karang dengan biaya yang relatif murah. Lain halnya jika Anda menyebrang dari Muara Angke, keberangkatannya dimulai dari pukul 07.00 WIB dan kembali pada pukul 14.00 WIB (Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu).

Dalam perjalanan, Anda akan terlebih dahulu transit di Pulau Pramuka yang menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 jam, baru kemudian dilanjutkan ke Pulau Semak Daun. Sesampainya Anda di Pulau Semak Daun, terlebih dahulu Anda harus meminta ijin kepada penjaga pulau yang juga tinggal di pulau tersebut. Selain itu, banyak dari nelayan-nelayan setempat yang akan menawarkan perjalanan ke pulau-pulau terdekat lainnya yang tak kalah indahnya!

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!