Menikmati Keelokan Telaga Warna Dieng

In Jawa Tengah
source:pesonawarnaindonesia.blogspot.com
source:pesonawarnaindonesia.blogspot.com
source:lintangbuanatours.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 7th September 2013, 12:00am
Rate this article 

Dieng merupakan sebuah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dieng dikenal juga dengan negeri di atas awan karena letaknya berada di ketinggian rata-rata 2000 m dpl. Untuk soal objek wisata, Dieng memiliki beberapa objek wisata yang sangat indah, dan salah satu yang paling terkenal adalah Telaga Warna Dieng.

Secara Administratif, Telaga Warna Masuk Wilayah Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga warna ini menjadi ikon tersendiri bagi Dataran Tinggi Dieng, karena walaupun letaknya tersembunyi di balik bukit, objek wisata ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tak heran, karena harmonisasi alam di sana memang begitu memikat, dengan udara yang segar, sejuk serta kabut putih yang menyelimuti pepohonan di sekitarnya membuat telaga ini tak hanya dramatis, namun juga romantis.

Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dalam hal warnanya. Warna yang dominan muncul adalah warna hijau, warna putih kekuningan, serta warna biru laut. Adapun mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa ragam warna yang muncul konon diakibatkan karena pada zaman dahulu ada sebuah cincin milik seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga. Namun, secara ilmiah warna dari telaga ini muncul karena pembiasan cahaya pada endapan belerang/ sulfur di dasar Telaga Warna Dieng.

Selain menjadi objek wisata, keberadaan Telaga Warna juga sangat berguna bagi masyarakat sekitar. Masyarakat menggunakannya sebagai sumber irigasi untuk mengairi perkebunan di sekitar kawasan. Bahkan masyarakat setempat meyakini bahwa Telaga Warna ini adalah tempat yang sakral, sehingga para pengunjung disarankan untuk menjaga tingkah laku dan perkataan.

Cara Menuju Lokasi Telaga Warna Dieng

Cara termudah untuk sampai di Telaga Warna adalah dengan berkendara dengan jarak 25 km dari Wonosobo, atau sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan bus dari Yogyakarta ke Magelang kemudian dilanjutkan ke Wonosobo. Sesampainya di Wonosobo, gunakan mini bus jurusan Dieng. Untuk menuju telaga Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek motor yang tersedia di Desa Dieng.

Setelah puas menikmati Telaga Warna, Anda juga bisa melihat telaga lain, yaitu Telaga Pengilon yang terletak tak jauh dari lokasi dengan Telaga Warna. Selain itu juga terdapat beberapa goa yang bisa Anda jelajahi seperti Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran, serta Batu Tulis.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!