Menikmati Karya Sprektakuler Di Museum Sang Ekspresionis

In Yogyakarta
source:www.indonesia.travel
source:www.indonesia-tourism.com
source:wisata.kompasiana.com
source:arsitekemarinsore.blogspot.com
source:killtheliar.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 26th August 2014, 1:57pm
Rate this article 

Siapa yang tidak kenal dengan sosok ekspresionis yang terkenal seantero penjuru dunia dari Indonesia, yah tidak lain adalah Affandi. Pelukis profesional dengan aliran abstrak atau ekspresionis. Lahir di Cirebon 1907 tempo dulu, Affandi berubah menjadi seorang maestro lukis yang diperhitungkan di dunia saat ini. Karya-karyanya bisa dinikmati hingga kini, dan pada era keemasannya Affandi berulang kali melakukan pameran tunggal di Eropa sepert Inggris, Eropa dan Amerika. Lebih dari 2000 karya lukis buatannnya yang hingga kini masih diburu para kolektor lukis ternama.

Untuk saat ini Anda tidak perlu lagi harus pergi ke luar negeri untuk bisa menyaksikan lukisan dari goresan tangan seorang Affandi lagi, karena di Indonesia sudah ada musuem yang merepresentasikan semua karya-karya dan perjalanan hidup sang maestro ini. Museum ini terletak di Yogyakarta tepatnya di Jl.Laksda Adi Sucipto 167 atau biasa dikenal dengan Jalan Solo. Di museum ini Anda bisa melihat dan memperhatikan setiap detail dari setiap lukisan yang dipamerakan pengelola museum Affandi. Di dalam museum ini juga terdapat sanggar Affandi yang setiap saatnya selalu membina pelukis-pelukis junior yang ingin menimba ilmu di sanggar ini.

Lebih dari 300 lukisan pilihan Affandi bertengger di rumah ini. Museum ini dibagi dalam 3 galeri, yakni Galeri I, Galeri II dan Galeri III. Ketiga galeri ini memiliki cerita yang berbeda satu sama lainnya. Galeri pertama berisi berbagai macam lukisan Sang Maestro dari jaman ke jaman hingga beliau menghembuskan nafas terakhir. Di galeri ini pula dipamerkan pula kendaraan yang biasa dipakai Affandi dan penghargaan yang melekat pada Sang Maestro seperti Penghargaan Doctor Honoris Causa dari National University Of Singapura.

Di galeri kedua berisi beberapa lukisan Affandi dan lukisan para maestro lukis Indonesia lainnya. Seperti pelukis Basuki Abdullah, Hendra, Fajar Sidik dan Popo Iskandar. Total kurang lebih ada 700 lukisan dari rekan-rekan seperjuangan Affandi. Sedangkan untuk galeri ketiga berisi ruang pamer lukisan putri-putrinya yakni Kartika dan Rukmini.

Jika Anda ingin pergi kesana hindarilah hari libur nasional karena museum ini akan tutup pada hari libur tersebut. Di hari biasa Senin-sabtu dibuka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Perlu penulis beritahukan juga bahwa di museum ini tidak hanya mempertontonkan galeria lukisan dari Affandi saja, tetapi banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan disini. Seperti kursus melukis untuk anak-anak, belanja souvenir khas museum, presentasi mengenai perjalan hidup sang maestro dan kegiatan workshop bermanfaat lainnya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!