Menikmati Indahnya Perbedaan Beragama di Bukit Kasih Kanonang

In Sulawesi Utara
source:commons.wikimedia.org
source:awibowo325.wordpress.com
source:www.poenta.net
source:commons.wikimedia.org
Written by Nena Nikita Posted 24th July 2014, 12:04pm
Rate this article 

Bukit Kasih Kanonang, terletak di Desa Kanonang Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, merupakan sebuah tempat wisata rohani yang bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Di sini pengunjung bisa menjadi saksi meskipun Indonesia memiliki kebudayaan serta agama yang berbeda–beda, masyarakat Sulawesi Utara sangat menghargai perbedaan tersebut. Sebagai salah satu bentuk nyata dari sikap tenggang rasa terhadap perbedaan, maka berdirilah Bukit Kasih Kanonang.

Untuk menuju ke tempat ini Anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Manado, atau sekitar 50 km ke selatan Manado. Tempat wisata yang didirikan pada tahun 2002 ini akan memanjakan mata Anda. Ya, di sini Anda akan menikmati puncak Bukit Kasih dimana terdapat 5 tempat ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia, ke lima tempat ibadah ini dibangun di atas tanah seluas 4 hektar!

Bukit Kasih Kanonang juga dikenal dengan nama Wisata Toleransi Agama. Di sini Anda juga akan melihat sebuah tugu dengan tinggi 22 meter dengan lima bidang sisi yang mana masing-masing dari sisi terpahat relief simbol dari lima agama dan tertulis ajaran tentang cinta kasih. Anda akan melihat tulisan yang berbunyi "Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan (Qs. Al Maidah:2)" yang dikutip dari kitab suci umat islam. Selain itu dari ajaran Kristen terpahat dengan "Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati, jiwa dan akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Matius)"; "Dari salib Yesus bersabda: Inilah ibumu!(Yoh)" dan "Tinggallah dalam kasih Ku (Yoh)".

Tidak hanya itu, dari ajaran Buddha atau Sang Sidharta Gautama anda akan melihat tulisan dengan kalimat, Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasam Buddhasa yang memiliki arti  Terpuji Sang Bhagava yang Maha Suci yang telah mencapai penerangan sempurna" dan "Tidak melakukan segala bentuk kejahatan, senantiasa mengembangkan kebajikan; dan membersihkan pikiran; inilah ajaran Buddha". Itulah kalimat-kalimat yang mana diambil dari kitab suci masing-masing agama. Sedangkan bagi penganut ajaran suci kitab Weda atau Hindhu menyumbangkan ajaran yang terpahat dengan kalimat "Ia yang tidak menyebabkan penderitaan bahkan mengusahakan keselamatan bagi semua makhluk, ia mendapat kebahagiaan tanpa akhir."  

Dari sini tentu Anda akan mendapatkan banyak pelajaran bahwa sesama manusia memang harus saling menghormati dan juga mencintai sebagai saudara. Yang tak kalah penting, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus menyiapkan fisik yang sehat karena untuk mencapai puncak Bukit Kasih, Anda harus menaiki tangga yang curam sebanyak 2.435 anak tangga. Tentu saja perjalanan menaiki anak tangga tidak akan membosankan dengan pemandangan indah kawah belerang dimana air panasnya digunakan oleh masyarakat setempat untuk memasak jagung, kacang dan telur.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!