Menikmati Gelombang Laut Tenang dan Penyu Hijau di Pulau Jemur

In Riau
source:bumi-nusantara.blogspot.com
source:panoramio.com
source:kakicemut.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 13th January 2014, 7:26am
Rate this article 

Gugusan pulau yang ada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau ternyata menyimpan sejuta pesona yang jarang sekali terdengar. Salah satu dari sekian banyak gugusan pulau tersebut adalah Pulau Jemur. Pulau yang menjadi benteng para nelayan dalam mencari ikan ini adalah salah satu dari gugusan pulau yang membentuk formasi lingkaran di Selat Malaka. Seringkali nelayan beraktifitas mencari ikan di tengah-tengah gugusan pulau di dekat Pulau Jemur, dengan air dan gelombang yang tenang nelayan bisa menangkap ikan di sini. Setelah dirasa badai dari Selat Malaka selesai, barulah para nelayan meninggalkan pulau ini untuk menuju laut lepas.

Selain air dan gelombang laut yang tenang Pulau Jemur juga menyimpan banyak pesona indah, seperti panorama pantai berpasir kuning emas, biota laut dan terumbu karang. Berbeda dengan pulau berpantai di tempat lain, di Pulau Jemur sangatlah mudah untuk menemui penyu-penyu hijau yang beranjak ke bibir pantai untuk bertelur di hamparan pasir kuning emas. Pengalaman yang tak terlupakan bisa menyaksikan kelucuan penyu hijau berjalan dan bertelur di pasir. Waktu yang pas untuk menyaksikan penyu-penyu ini bertelur adalah malam hari, jadi bersiaplah untuk bermalam di pulau ini.

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan untuk mengisi hari-hari di Pulau Jemur adalah dengan melakukan aktifitas penyelaman di perairan Pulau Jemur. Anda bisa menyaksikan terumbu karang yang indah dan terjaga di bawah perairan Pulau ini. Di sekitar Pulau juga masih banyak tempat wisata yang bisa Anda jujuki. Di antaranya adalah goa peninggalan Jepang, menara mercusuar peninggalan Belanda, Batu Panglima Layar, tapak kaki manusia purba dan peninggalan Jepang lainnya yang masih meninggalkan jejaknya di Pulau ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!