Menikmati Blue Coral di Pulau Abang

In Kepulauan Riau
source:enjoytravels.net 2
source:enjoytravels.net 2
source:enjoytravels.net
source:jalankemanagitu.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 21st January 2014, 12:00am
Rate this article 

Pulau Abang namanya, terkenal di telinga kalangan penyelam domestik dan mancanegara. Pulau yang terletak di selatan Kota Batam, Kepulauan Riau ini menjadi salah satu destinasi utama para diving atau penyelam dunia. Pulau yang mempunyai kekayaan taman laut dan keanekaragaman terumbu karang yang indah menjadi salah satu daya tarik bagi para penyelam. Dengan kedalaman perairan yang dangkal menjadikan Pulau Abang ini disukai para penyelam dan pecinta snorkeling. Kedalamannya hanya 15-18 meter saja.

Pulau Abang menjadi salah satu pulau kecil yang bisa bersandar dengan pulau-pulau besar populer yang ada di Indonesia. Masuk dalam jajaran COREMAP yakni Coral Reef Rehabilitations and Management Program, Pulau Abang menjelma sebagai pulau yang menjadi jujukan penelitian khusus bawah laut terutama mengenai terumbu karang. Pulau Abang sejajar dengan Bunaken dan Raja Ampat.

Pulau Abang mempunyai karakteristik keindahan bawah laut dengan kekayaan karang biru (blue coral). Batuan karang ini jarang sekali ditemui di perairan Indonesia, hanya beberapa daerah perairan saja yang mempunyai spesies terumbu karang langka ini. Anda bisa bermain dan menikmati karang biru dengan ditemani beragam biota laut yang hilir mudik di perairan dangkal pulau ini.

Beragam aktifitas yang bisa Anda lakukan adalah diving dan snorkeling. Sekiranya ada 9 tempat penyelaman yang bisa Anda pilih sesuka hati untuk memuaskan hasrat menyelam Anda. Kegiatan penyelaman di pulau ini bisa dikatakan aman dan nyaman, karena penyelaman dilakukan di perairan yang tidak secara langsung mengarah ke laut lepas. Jadi bisa dikatakan bahwasannya perairan ini tenang dan aman untuk aktifitas bawah laut.

Selain kegiatan penyelaman, Anda pun bisa belajar mengenai kegiatan konservasi dan kegiatan penyelamatan terumbu karang di kawasan Pulau Abang. Nantinya masyarakat sekitar akan memberikan pengetahuan mengenai pelestarian terumbu karang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!