Menguak Eksotisme Kawah Putih Gunung Patuha

In Jawa Barat
Written by Nena Nikita Posted 8th January 2014, 6:53am
Rate this article 

Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di wilayah Bandung Selatan, Provinsi Jawa Barat, yang tingginya mencapai 2.386 meter. Di balik ketinggian Gunung Patuha tersembunyi kawah putih yang sangat eksotis dan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Ya, keindahan Danau Kawah Putih memang sangat memesona hingga dapat menghipnotis mata para pengunjungnya!

Ciri khas dan keunikan kawasan wisata ini adalah air danau kawah yang selalu berubah warna. Ketika terik matahari dan saat cuaca sedang terang maka air danau berwarna hijau apel dan kebiru-biruan, terkadang bisa juga berwarna coklat susu. Namun, warna putih disertai kabut tebal pada bagian atas permukaan kawah adalah warna yang paling sering mendominasi. Permukaan kawah berwarna putih, karena pasir dan bebatuan yang ada di sekitarnya didominasi dengan warna putih. Maka dengan alasan itulah kawah ini diberi nama Kawah Putih.

Anda dapat menyaksikan keajaiban alam ketika berkunjung pada malam hari sekitar pukul 21.00. Jika Anda berkunjung pada saat langit cerah dan dihiasi kerlap-kerlip gemintang, akan tampak pancaran cahaya terang kehijau-hijauan yang menghiasi kawah. Kemudian, dari bias cahaya berwarna hijau tersebut, terbentuklah sebuah lingkaran cahaya yang mampu menerangi seluruh sudut kawah.

Dari pusat Kota Bandung, perjalanan ke kawasan dengan kisaran suhu 8-22 derajat celcius ini dapat ditempuh dengan menuju ke arah selatan. Meski perjalanannya agak melelahkan, namun di sepanjang perjalanan pengunjung akan terhibur dengan suasana hutan alam dan udara segar dan bersih juga cericit nyanyian burung.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!