Mengenang Masa Kejayaan Kerajaan Singosari

In Jawa Timur
source:praktistransport.com
source:halomalang.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 20th January 2015, 12:52pm
Rate this article 

Daerah Singosari mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Malang dan sekitarnya, di daerah ini terdapat sebuah peninggalan purbakala dari sebuah kerajaan besar yang ada di tanah Jawa. Tepatnya di abad ke 13 ada sebuah kerajaan megah dan besar bernama Singosari berdiri tegak di tempat ini. Perwujudan dari keberadaan dan eksistensi dari Singosari ditandai dengan sebuah candi yang konon belum selesai diselesaikan masa pembangunannya. Candi ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Candi Singosari atau Candi Cungkup.

Awal penemuan Candi ini ditemukan pada masa penjajahan Hindia Belanda tepatnya pada tahun 1803 oleh seorang ahli Komisi Arkeologi Belanda pada waktu itu. Laporan peninggalan purbakala ini segera ditindaklanjuti oleh komisi ini untuk segera melakukan ekspedisi ke sebuah daerah tandus di Malang. Ekspedisi inipun membuahkan hasil yang nyata, ditemukan sebuah Candi dengan dua menara dan dua penjaga candi yang gagah perkasa. Menindaklanjuti kabar berita yang dibawa oleh Komisi Arkeologi Belanda, pada tahun 1934 Departemen Survey Arkeologi Hindia Belanda Timur melakukan pemugaran beberapa bangunan yang runtuh.

Tidak hanya sampai disitu saja, Departemen Survei Arkeologi ini juga melakukan langkah penyelamatan pada waktu itu dengan membawa sebagian Arca-Arca Singosari ke Museum Leiden Belanda. Langkah ini diambil untuk menyelamatkan beberapa arca agar tidak dicuri oleh kolektor barang-barang antik yang pada waktu itu merajarela.  Banyak cerita yang berkembang bahwa Candi Singosari adalah sebuah makam Raja Singosari Terakhir bernama Kertanegara. Seiring dengan penelitian yang intensif maka ditemukanlah sebuah jawaban atas pendirian Candi Singosari ini. Menurut kitab Jawa Kuno menyatakan bahwa Candi Singosari dibuat sebagai tempat peribadatan kepada Dewa Siwa dan bukan merupakan makam Raja Kertanegara.

Candi Singosari terdiri dari beberapa bagian yang bisa Anda saksikan kemegahannya. Ada empat bagian utama yakni bagian bawah, kaki candi, tubuh candi dan puncak candi yang menjulang ke atas. Di bagian kaki candi Anda bisa mendapati beberapa arca dan penjaga candi yang siap menyambut kedatangan Anda ke kompleks Singosari ini. Ketika Anda memasuki kompleks Candi Singosari Anda akan merasakan atmosfer yang berbeda, seolah Anda memasuki suasana sebuah kerajaan. Ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi wisatawan untuk berwisata sekaligus belajar.

Perlu pembaca sekalian ketahui bahwa Kerajaan Singosari masuk daftar kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia selain Majapahit dan Sriwijaya. Dulunya Singosari terkenal dengan sistem pertanian yang subur di sepanjang Sungai Berantas. Saking hebatnya Kerajaan Singosari pada waktu itu, di tahun 1257  Singosari memberanikan diri untuk menyerang sebuah kerajaan besar di Sumatera. Tidak lain dan tidak bukan kerajaan yang dimaksud adalah Kerajaan Sriwijaya. Semenjak kekalahan Sriwijaya itulah, Singosari terkenal ke seantero Nusantara pada waktu itu. Singosari pun berubah menjadi sebuah kerajaan yang dapat mengontrol jalur perdagangan di daerah Jawa sekaligus Sumatera.

Kejayaan tinggal kejayaan, Kerajaan yang dulunya hebat dibawah kepemimpinan seorang Raja bernama Kertanegara ternyata harus runtuh akibat seorang rajanya dibunuh oleh Raja lainnya di dalam satu kerajaan. Konflik internal inilah yang menjadikan Singosari berangsur-angsur hilang dan runtuh pada akhirnya. Beberapa peninggalan masih bisa ditemui di beberapa sudut desa di daerah Singosari. Lewat peninggalan bersejarah inilah kita bisa belajar kembali dan mengenang masa kejayaan Singosari yang dulunya terkenal dengan sistem pertaniannya. Ayo ajak keluarga dan kerabat Anda singgah di Singosari Kabupaten Malang, jangan bosan-bosan untuk berwisata sekaligus belajar. Ini penting dilakukan agar anak cucu kita masih bisa menyaksikan peninggal bersejarah yang ada di Indonesia. Selamat berwisata !

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!