Mengenal Sulawesi Utara di Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

In Sulawesi Utara
source:elsandho.wordpress.com
source:elsandho.wordpress.com
source:kekunaan.blogspot.com
source:senisulutku.blogspot.com
source:senisulutku.blogspot.com
Written by Nena Nikita Posted 18th August 2014, 1:08pm
Rate this article 

Museum memang menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena museum memang menjadi salah tempat dimana sejarah bisa Anda saksikan melalui benda-benda yang menjadi saksi biksu.  Bagi Anda yang ingin mengenal lebih banyak tentang Provinsi Sulawesi Utara baik dari segi kebudayaan, sejarah, dan seni masyarakat Sulawesi Utara maka pengunjung bisa datang ke Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara yang mana di sini Anda bisa mendapatkan segala informasi dan juga bisa mendokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan Provinsi Sulawesi Utara.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara terletak di Jl. WR Supratman nomor 72, letaknya memang sangat strategis dan mudah untuk ditemukan yang mana Anda bisa mengaksesnya dengan naik angkutan umum (oto mikrolet) atau taksi, Anda bisa turun di depan SMP Negeri 1 Manado yang berada tepat di depannya. Atau jika sopir angkutan umum menurunkan Anda di depan masjid raya A. Yani maka anda bisa sedikit berjalan kaki sekitar 100 meter menuju Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara.  Terkadang memang sopir angkutan umum menurunkan penumpangnya di depan masjid raya A.Yani karena memang disitu tempatnya agak lebar sehingga memudahkan sopir angkot.


Museum buka dari hari senin sampai hari kamis. Mulai pukul 08.30 sampai pukul 16.00 WITA, sedangkan untuk hari jumat buka mulai pukul 07.30 – pukul 11.00 dan untuk hari sabtu dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 14.00. Sedangkan untuk hari minggu dan hari libur nasional museum tutup. Ada 10 jenis koleksi yang bisa Anda nikmati di sini, seperti geologika, biologika, arkeologika, historika, etnografika, filologika, seni rupa, dan teknologika. Museum yang diresmikan pada tanggal 9 Januari 1991 ini memang memiliki banyak koleksi, yaitu sekitar 2.810 koleksi. Berbagai macam koleksi yang ada di museum diperoleh dari daerah-daerah kabupaten atau kotamadya yang ada di Sulawesi Utara, seperti Manado, Minahasa Selatan, Sangihe, Talaud, Sitaro, Bolaang Mongondow dan lain sebagainya.


Anda juga bisa melihat koleksi peralatan penangkap ikan seperti Sasarup yaitu alat penangkap ikan di danau, Totobongo atau nama lain alat penangkap ikan dengan cara menusuk, Igi alat penangkap ikan air tawar,  tambelong tempat yang digunakan untuk menyimpan umpan dan masih banyak lagi. Alat-alat ini tentu sangat menarik, mengingat saat ini sudah modern tapi Anda masih bisa melihat peralatan yang digunakan masyarkat jaman dulu menangkap ikan. Tidak hanya itu,  Anda juga bisa melihat benda-benda peninggalan Kyai Maja. Kyai Maja merupakan pengikut setia Pangeran Diponegoro yang diasingkan oleh Belanda ke Tondano, dan di sini Anda bisa melihat sorban, keris, tasbih, dan pelindung dada milik Kyai Maja.

Harga tiket masuk museum sangat murah yaitu Rp. 1000,00 untuk harga tiket orang dewasa dan untuk anak-anak Anak-anak : Rp. 250,00.  Selain itu Anda juga bisa datang ke perpustakaan yang terletak di musem. Ada juga toilet, kafetaria dan ruang pamer tetap.


Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!