Menengok Kebudayaan Suku Dayak Kenyah di Desa Pampang

In Kalimantan Timur
source:masbowi.wordpress.com_
source:samarinda-samarinda-city.blogspot.com
source:rizkykertanegara.wordpress.com
source:edratna.wordpress.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 4th July 2013, 4:01am
Rate this article 

Dengan bermacam-macam suku dan budaya yang ada di Indonesia, tentu merupakan potensi yang bisa dikembangkan menjadi objek pariwisata. Hal tersebut nyatanya telah berhasil dilakukan bila kita melihat sebuah kawasan wisata budaya di Kota Samarinda, Kawasan Wisata Budaya Pampang. Di desa ini Anda akan diajak untuk melihat kekayaan adat istiadat serta menyaksikan langsung kehidupan suku Dayak Kenyah.

Samarinda merupakan ibukota Kalimantan Timur. Dari Samarinda Anda bisa menempuh perjalanan sepanjang 20 km untuk sampai di kawasan wisata budaya Pampang. Telah banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan tidak terkecuali turis-turis asing. Tujuan utamanya adalah untuk melihat beragam seni pertunjukan anak-anak suku Dayak Kanyah, kesehariannya, kerajinan tangan, batik Kalimantan, bahkan menemukan orang dayak yang bertelinga panjang.

Desa Pampang telah dideklarasikan sebagai "Desa Budaya" pertama di Kalimantan Timur sejak tahun 2007. Pampang sendiri dalam Bahasa Indonesia artinya ?hPerluasan?h. Masyarakatnya sebagian besar adalah suku Dayak Kenyah, yang merupakan kelompok suku Dayak terbesar di Kalimantan.

Daya tarik yang dapat disaksikan di desa ini adalah rumah-rumah adat suku Dayak atau yang dikenal dengan ?gLamin?h dan upacara adat Dayak Kenyah. Biasanya setiap hari Minggu digelar acara-acara kebudayaan, menampilkan juga beragam musik dan tarian tradisional seperti tari Nilamasakai yang kerap kali disajikan sebagai penyambutan dan wujud kegembiraan masyarakat untuk menyambut tamu atau wisatawan.

Bagaimana cara menuju Kawasan Wisata Budaya Pampang

Desa ini terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Samarinda. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor melewati jalan poros Samarinda - Bontang. Tak jauh dari jalan poros, sekitar 5 kilometer, Anda akan tiba di kampung budaya Pampang! Untuk berjaga-jaga, persiapkan kondisi kendaraan Anda sebaik-baiknya karena medan yang dilewati terbilang cukup menantang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!