Menelisik Jejak Purbakala Di Situs Purbakala Sangiran

In Jawa Tengah
source:kotawisataindonesia.com
source:serbadidunia.wordpress.com
source:panoramio.com
source:ikhsan.web.id
Written by Aditya Tri Hutama Posted 23rd October 2014, 1:57pm
Rate this article 

Berwisata tidak harus ke pantai loh, ada banyak jenis berwisata yang asyik sekaligus mendidik juga. Kali ini penulis akan memberikan pemaparan terkait destinasi wisata yang mendidik untuk keluarga. Pada kesempatan ini penulis akan mengenalkan sebuah situs megalitik manusia purba bernama Sangiran, situs purbakala ini adalah yang paling lengkap dan terbesar Asia. Dan juga situs Sangiran ini juga mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai situs World Heritage.

Bertempat di Jawa Tengah tepatnya di kaki Gunung Lawu 15 Km utara dari Surakarta situs ini siap menyapa pengunjungnya dengan semua fosil-fosil purba. Wow, Anda akan menyaksikan fosil manusia purba dari jaman 2 juta tahun yang lalu. Selain hanya manusia purba, di Situs Sangiran ini juga dapat ditemui situs hewan-hewan purba bertulang belakang hingga hewan-hewan bercangkang. Bahkan di situs ini, Anda juga dapat menemui fosil gajah purba, sapi, rusa dan hewan-hewan purba lainnya. Menurut peneliti, hewan-hewan purba inilah salah satu dari sekian banyak jenis hewan buruan manusia pada zaman purba. Manusia purba akan berburu dan melakukan ekspedisi hanya untuk mencari makan dari hewan-hewan tersebut.

Diyakini sebagai situs terlengkap di Asia, Sangiran sampai saat ini memiliki jumlah fosil yang banyak, jumlah ini mencapai 13.809 buah. Sungguh melimpah sekali fosil-fosil di Lembah Sangiran ini. Fosil-fosil sebanyak itu disimpan di beberapa tempat, seperti museum dan laboratorium di beberapa universitas. Di Sangiran ini, Anda juga dapat belajar dan melihat langsung apa yang dikenal dengan Stratigrafi. Statigrafi adalah sebuah studi atau ilmu yang belajar mengenai sejarah dan umur sebuah lapisan tanah, dari sinilah Anda dapat melihat proses sejarah terbentuknya sejarah bumi. Di Sangiran Anda dapat melihat sebuah tebing yang sudah di eskavasi dan bisa memperlihatkan distribusi lapisan tanah dari jaman ke jaman.

Jangan ragu untuk pergi berwisata ke situs Sangiran, ajak teman dan keluarga Anda untuk melihat berbagai benda-benda purbakala yang ada di situs ini.



Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!