Melihat Seluruh Kota Takengon di Atas Puncak Bukit Pantan Terong

In Aceh
source:http://ciebund.blogspot.com
source:http://travell2indonesia.blogspot.com
Written by Nena Nikita Posted 30th April 2014, 5:40am
Rate this article 

Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dimana terhampar pada seluruh wilayah dari sabang hingga merauke. Melihat ujung Pulau Sumatera, kita akan tertuju pada salah satu provinsi yang dijuluki \"Serambi mekah\", Provinsi Aceh. Keindahan alam di sini tidak kalah menakjubkan dari provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Salah satunya Pantan Terong yang terletak di Kecamatan Bebesan, 7,5 km dari Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Bukit ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di daerah ini. Di sini kita dapat menikmati pemandangan alam dari atas puncak bukit. Karena objek wisata alam yang satu ini memang berada pada ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut dimana bukit ini terletak di puncak bukit tertinggi pada dataran tinggi Gayo.

Dari atas puncak Bukit Pantan Terong, pengunjung dapat melihat semua keindahan alam yang ada di Aceh Tengah dalam satu pandangan lepas. Bukit permai di deretan megah dataran tinggi Gayo ini merupakan salah satu bukit tertinggi yang ada di Kota Takengon. Dengan berdiri disana pengunjung dapat memandang hampir seluruh wilayah ibu kota Kabupaten Aceh Tengah tersebut. Disini mereka dapat menikmati semua keindahan alamnya dalam satu paket. Pengunjung dapat melihat Danau Laut Tawar secara keseluruhan dengan merasakan angin sepoi-sepoi, lapangan pacuan kuda di Kecamatan Pegasing dan Ibukota Bener Meriah yang dulunya adalah bagian dari kota Takengon. Selain itu, dari sini pengunjung pun dapat melihat Bandar Udara Rembele dari atas, dengan diapit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan yang elok nan indah. Yang lebih spektakuler, disini pengunjung juga dapat melihat keindahan matahari terbit dan terbenam di puncak Pantan Terong ini.

Menikmati keindahan alam sekitar kota Takengon di atas puncak Pantan Terong akan menjadi kesan tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung. Siapapun akan berdecak kagum melihat pemandangan menakjubkan yang begitu indah hasil karya Sang Pencipta. Disini mereka dapat melepas penat sejenak dari semua rutinitas harian yang padat. Pantan Terong menjadi wisata alam yang cukup banyak dikunjungi wisatawan, tidak hanya sekedar untuk melihat pemandangan alam yang luar biasa, tetapi bukit ini juga biasa menjadi lokasi yang tepat untuk terbang layang (gantole). Selain itu, disini juga tersedia fasilitas pendukung lainnya untuk wisatawan antara lain masjid, cafe dan rumah panggung. Untuk menikmati semua pemandangan alam yang sangat indah tersebut, pengunjung dikenai biaya yang cukup murah. Pengutipan biaya tersebut berlaku untuk menjaga keindahan alam sekitar di area Pantan Terong ini.

Untuk menuju Pantan Terong pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Takengon atau sekitar 15 menit dengan kendaraan roda dua. Jalan menuju tempat wisata ini sangat bagus, jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini. Walaupun demikian, untuk menuju puncak Pantan Terong pengunjung diharuskan membawa kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor. Demi kenyamanan perjalanan menuju wisata alam ini, kondisi kendaraan yang dibawa harus dalam keadaan siap dan prima, karena terdapat beberapa tanjakan yang terjal untuk dihadapi. Jika mungkin, kendaraan mengalami kerusakan di tengah jalan tidak perlu khawatir karena  telah banyak bengkel-bengkel kecil di sepanjang jalan yang siap membantu. Tetapi, jika merasa tidak yakin dengan kondisi kendaraan bisa memutar melalui Bandar Meriah, kabupaten baru pecahan Aceh Tengah. Selain kendaraan, pengunjung juga jangan lupa membawa pakaian penghangat tubuh seperti jaket, sarung tangan, kupluk, penutup telinga dan minuman hangat. Mengingat kondisi puncak bukit yang dingin apalagi pada pagi dan malam hari. Selain itu, kamera menjadi bawaan yang juga harus dibawa untuk mengabadikan moment berharga pada suasana pemandangan alam Pantan Terong yang sangat menakjubkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!