Masjid Kubah Emas - Masjid Termegah di Asia Tenggara

In Jawa Barat
source:panoramio.com
source:panoramio.com
source:panoramio.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 6th August 2013, 4:51am
Rate this article 

Selain untuk beribadah, banyak dari masjid-masjid yang ada di Indonesia juga menjadi tujuan wisata favorit. Terlebih jika masjid tersebut memiliki sejarah atau bangunan yang megah. Salah satu masjid yang dewasa ini sedang banyak diminati wisatawan terdapat di Kota Depok.

Kota yang akrab dengan sebutan Kota Belimbing ini rasanya patut berbangga dengan keberadaan masjid yang terkenal dengan kemegahannya ini. Bagaimana tidak, Masjid Kubah Emas berdiri di lahan seluas 70 hektar, dan terdapat lima buah kubah yang dilapisi mozaik emas 24 karat, serta bentuknya menyerupai kubah di Taj Mahal, India.

Bagi Anda yang tinggal di sekitaran Jabodetabek, pastinya telah mengetahui lokasi masjid ini. Masjid Kubah Mas tepatnya berlokasi di Jalan Maruyung Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok. Jika berkunjung ke masjid ini, pertama-tama Anda akan disuguhkan hamparan taman yang begitu luas, kemudian terlihat lima buah kubah dengan satu buah kubah utama yang berukuran sangat besar. Adapun terdapat menara kokoh yang menjulang di setiap sudut bangunan.

Masjid Kubah Emas dibangun oleh seorang pengusaha asal Banten bernama Hj. Dian Djuriah Al Rasyid. Dibangun sejak tahun 1999, dan baru dibuka untuk umum sekaligus diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006 oleh pemiliknya langsung. Dan hingga sekarang, masjid ini mampu menampung hingga 8 ribu jemaah sholat. Oleh karena itu, Masjid Kubah Emas disebut-sebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara.

Ruangan utama masjid dihiasi hiasan-hiasan kaligrafi pada langit-langitnya, serta mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Pada langit-langit kubah juga terdapat lukisan langit yang bisa berubah warna sesuai dengan warna langit pada waktu-waktu sholat dengan menggunakan teknologi tata cahaya. Juga di tengahnya tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi masjid ini, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi, seperti wajib menggunakan pakaian yang menutup aurat, tidak membawa makanan, dan anak di bawah usia 9 tahun juga dilarang memasuki lingkungan masjid. Untuk biaya masuknya sendiri, kawasan masjid ini tidak memungut bayaran alias gratis.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!