Masjid An-Nur - Kemegahan Taj Mahal di Indonesia

In Riau
source:www.skyscrapercity.com
source:wordpress.com
source:www.skyscrapercity.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 5th May 2013, 12:00am
Rate this article 

Masjid An-Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia dan menjadi masjid kebanggaan masyarakat Riau. Masjid ini tidak hanya sekedar tempat untuk beribadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan agama, aktivitas sosial kemasyarakatan, dan pusat kegiatan remaja masjid se-Provinsi Riau. Kemegahan arsitektur Masjid An-Nur bahkan disebut-sebut mirip dengan Taj Mahal di India.

Masjid tersebut terletak di pusat Kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Hang Tuah. Masjid megah ini berdiri pada tanggal 27 Rajab 1388 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 1968. Saat itu, masjid ini belum menjadi masjid yang megah dan besar seperti sekarang. Baru pada tahun 2000, Masjid An-Nur direnovasi secara besar-besaran oleh Shaleh Djasit, Gubernur Riau ketika itu. Saat renovasi tersebut areal masjid diperluas hingga mencapai 12,6 hektar dengan daya tampung sekitar 3000 jamaah.

Masjid An-Nur juga mempunyai taman masjid yang terhampar luas dan tertata dengan rapi. Setiap akhir pekan masjid ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung yang melakukan berbagai aktivitas seperti jogging, main bola, atau sekedar berjalan-jalan sambil menikmati suasana sekitar masjid yang nyaman. Tersedia juga fasilitas wifi gratis dan free user (tanpa harus memasukkan password), Anda tinggal membawa gadget Anda dan bisa berinternetan sepuasnya. Selain itu, masjid ini dilengkapi juga oleh fasilitas pendidikan mulai dari playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan perpustakaan.

Bila diamati, Masjid An-Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Di masjid ini terdapat kolam besar di bagian halamannya, dan menara masjid yang mirip dengan Taj Mahal. Pada malah hari, kawasan masjid penuh dihiasi dengan cahaya lampu yang berwarna-warni, sehingga pengunjung seakan-akan berada di kawasan Taj Mahal, India. Oleh sebab itu, jika Anda sedang berlibur di Pekanbaru, wajib mengunjungi serta membuktikan langsung kemegahan Masjid An-Nur. Sangat mudah untuk menemukan masjid ini, karena letaknya yang berada di pusat kota dan dilalui banyak transportasi umum.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!