Masjid Al-Falah - Masjid Seribu Tiang yang Tersohor

In Jambi
source:jambitourism.co
source:rachmawan.wordpress.com
source:rachmawan.wordpress.com
source:fajarksaputa.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 14th June 2013, 2:57am
Rate this article 

Masjid Agung Al-Falah atau yang lebih populer disebut Masjid Seribu Tiang ini merupakan salah satu objek wisata religi di Provinsi Jambi, berdiri di atas ?gTanah pilih pusako betuah?h, yaitu tanah leluhur Kerajaan Melayu Jambi pada tahun 1970. Maka bila Anda berkesempatan ke Jambi, belum lengkap jika belum singgah ke masjid yang unik dan sarat akan sejarah ini.

Masjid ini dibangun di atas sebuah lahan seluas 2,7 Ha dan merupakan masjid terbesar di Jambi. Dijuluki Masjid Seribu Tiang, karena di dalam masjid terdapat 288 tiang beton yang memiliki tinggi dan ukuran yang sama. Dengan tiang-tiang penyangga yang banyak, masjid ini tak berdinding layaknya sebuah pendopo terbuka. Di tengah-tengahnya pun terdapat delapan buah pilar berwarna kuning keemasan dengan ukiran-ukiran yang sangat indah.

Kemegahan serta nuansa keterbukaan bangunan merupakan ciri khas masjid yang mampu menampung sekitar 10 ribu jamaah ini. Terdapat pula kubah besar di atas bangunan dengan warna yang beragam serta kaligrafi indah yang terbuat dari kaca.

Keindahan bangunan serta sejarah yang mengikatnya memang membuat masjid ini semakin menarik untuk disinggahi. Tidak hanya dari Nusantara, pasalnya Masjid Seribu Tiang ini juga tersohor sampai ke negeri seberang. Tidak heran bila masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Jambi.

Sebelum didirikan masjid, di areal mesjid ini pernah berdiri istana Tanah Pilih dari Raja Sultan Thaha. Sayangnya pada tahun 1885 istana itu jatuh ke tangan Belanda dan dijadikan sebuah benteng. Kemudian pada 1906 lokasi masjid Agung juga pernah dijadikan asrama tentara Belanda yang digunakan sebagai tempat pemerintahan Kepresidenan sampai masa kemerdekaan Indonesia. Barulah pada tahun 1980, masjid ini diresmikan pada tanggal 29 September 1980 oleh Soeharto, Presiden RI yang ke 2.

Untuk menuju Masjid Seribu Tiang yang lokasinya terletak di jalan Sultan Thaha nomor 60, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Jambi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan angkutan umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi dari Masjid Agung Al-Falah ini, karena letaknya yang berada di tengah-tengah kota.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!