Maha Vihara Maitreya - Vihara Terbesar di Indonesia

In Sumatera Utara
source:tonemapped.co
source:wikimapia.co
source:tonemapped.co
Written by Riyan Adiyahasya Posted 27th December 2012, 9:19am
Rate this article 

Populasi masyarakat etnis Tionghoa termasuk etnis yang jumlahnya cukup besar di Kota Medan. Di beberapa sudut kota dapat dengan mudah kita jumpai vihara atau tempat religius dari etnis Tionghoa. Salah satu vihara yang terbesar ialah Maha Vihara Maitreya, yang juga merupakan vihara terbesar di Indonesia.

Maha Vihara Maitreya terletak di Jalan Cemara Boulevard Utara, Medan, Sumatera Utara. Dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar, dan menghabiskan masa pembangunan kurang lebih sepuluh tahun lamanya. Vihara ini baru diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2008, dan sangat populer dikalangan masyarakat Tionghoa di Kota Medan.

Nama vihara ini diambil dari istilah Maitreya (bahasa Sanksekerta) yang artinya ?gKasih?h. Nama Vihara ini juga diambil dari nama Buddha Maitreya, yaitu salah satu dewa bagi umat Buddha. Dewa ini merupakan dewa yang membawa suka cita, berkah dan kebahagiaan bagi umat Buddha.

Vihara ini dibangun dengan 4 lantai, setiap lantai dihubungkan dengan eskalator dan sebuah lift. Di sisi kiri vihara juga terdapat sebuah kolam yang berisi aneka jenis ikan koi yang besar-besar. Tak jauh dari kolam tersebut, terdapat taman burung dengan berbagai jenis burung yang didatangkan dari Australia dan wilayah mancanegara lainnya.

Di gerbang utama Maha Vihara Maitreya terpajang 4 buah barongsai berwarna putih. Vihara ini beraksitektur oriental dengan kombinasi unsur-unsur modern yang terlihat sangat megah dan unik. Di bagian terasnya pun terdapat berbagai macam relief yang berbentuk naga dan sebuah patung Buddha.

Banyak pengunjung yang datang ke Maha Vihara Maitreya, terutama pada momen perayaan hari besar maupun hari libur. Vihara ini merupakan salah satu tujuan wisata religi apabila Anda berkunjung ke Kota Medan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!