Kota Tua - Pesona Kota Jakarta Tempo Dulu

In DKI Jakarta
source:location78.blogspot.com
source:rossrightangle.wordpress.com
source:100percentfromindonesia.wordpress.com
source:location78.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 16th April 2013, 3:23am
Rate this article 

Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk berlibur. Bagi Anda warga Jakarta yang tidak memiliki waktu liburan ke luar kota atau luar daerah, dalam kota pun masih banyak memiliki destinasi menarik. Salah satunya, Kawasan Kota Tua di Jakarta Barat. Museum dan bangunan tua yang berkumpul di area seluas 1,3 km2, membuat kawasan ini memiliki nuansa yang berbeda jika dibandingkan dengan wilayah Jakarta lainnya.

Kebanyakan bangunan-bangunan kuno yang terdapat dalam kawasan ini dijadikan cagar budaya karena memiliki nilai historis. Karena keunikannya, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang dan mengisi masa liburan mereka di sini.

Di kawasan Kota Tua terdapat museum yang bernama Museum Sejarah Jakarta, atau lebih dikenal dengan nama Museum Fatahilah. Arsitekturnya mirip dengan Istana Dam di Amsterdam, Belanda. Di dalam museum seluas 1.300 meter persegi ini Anda bisa menyaksikan ruang pengadilan dan ruang-ruang bawah tanah yang dulu pernah dipakai sebagai penjara.

Tepat berada di tengah kawasan Kota Tua, terdapat area bermain bagi banyak wisatawan. Mulai dari naik sepeda onthel sampai piknik di bawah rindangnya pohon. Tak jauh dari Museum Fatahilah, ada Museum Wayang. Museum yang sudah beberapa kali direnovasi ini tetap memiliki nuansa kuno yang akan menghipnotis Anda.

Di Kota Tua Batavia Anda dapat mengunjungi cafe yang menawarkan aneka menu masakan bernuansa klasik. Di antaranya yang paling terkenal adalah cafe Batavia dan Cafe Gazebo. Cafe Batavia terletak di Taman Fatahillah, menyuguhkan nuansa klasik dan iringan musik tempo dulu. Cafe Gazebo menjajakan makanan tradisional ala kaki lima, seperti sate, es buah, gado-gado, soto, dan makanan tradisional lainnya. Aneka hidangan tersebut harganya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000.

Kota Tua Batavia merupakan tempat favorit para pecinta sejarah dan budaya. Kawasan ini juga sangat digemari para fotografer yang ingin berfoto-foto dengan arsitektur bangunan tempo dulu. Langkahkan kaki Anda untuk berkeliling Kota Tua atau dengan menyewa sepeda onthel yang bernuansa klasik serta identik dengan Belanda.

Kini kota Jakarta semakin berkembang dan akan semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Gedung-gedung baru boleh saja terus bermunculan di kota Jakarta, tetapi kita tidak boleh melupakan bangunan-bangunan tua bernilai sejarah yang sudah seharusnya kita jaga kelestariannya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!