Komplek Candi Arjuna - Candi-candi Eksotis di Dataran Tinggi Dieng

In Jawa Tengah
source:rumputilalang09.blogspot.com
source:wikimedia.org
source:wikimedia.org
Written by Riyan Adiyahasya Posted 26th September 2013, 12:00am
Rate this article 

Kawasan daratan tinggi Dieng memang tak bisa ditampik lagi keindahannya. Banyak sekali objek-objek wisata di sana. Selain objek alamnya, terdapat salah satu objek wisata bangunan bersejarah berupa candi.

Salah satu komplek candi yang berada di Dataran Tinggi Dieng adalah komplek Candi Arjuna. Candi tersebut bercorak Hindu bekas peninggalan abad ke-7, berada di ketinggian sekitar 2.093 m dpl, dan secara administratif berada di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Komplek candi ini bisa menjadi pilihan utama Anda bila berwisata di Dataran Tinggi Dieng.

Kompleks Candi Arjuna ditemukan pertama kali tahun 1814 oleh seorang tentara Inggris, yaitu van Kinsbergen. Saat ditemukan, kondisi candi-candi ini dalam keadaan yang cukup mengenaskan karena terendam air rawa-rawa. Candi-candi ini harus melalui proses pengeringan lebih dari 40 tahun hingga akhirnya dapat dinikmati keeksotisannya.

Candi Arjuna merupakan candi Agama Hindu. Dicirikan dengan adanya arca Dewa Siwa, Wisnu, Ganesha, dan lainnya. Pada komplek ini berdiri beberapa candi lainnya seperti contohnya pada bagian depan Candi Arjuna terdapat Candi Semar yang berbentuk kubus dan lebih pendek, Bagian utara Candi Arjuna terdapat Candi Srikandi, Sembadra dan Puntadewa. Selain itu juga masih ada juga candi yang penamaannya menggunakan nama lakon Mahabarata yaitu keluarga Pandawa, misalnya Candi Setyaki, Dwarawati, Petruk, Antareja, Nala Gareng, Nakula, dan Sadewa.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!