Kodingareng Keke - Pulau Cantik Tak Berpenghuni

In Sulawesi Selatan
source:http://lh5.ggpht.com
source:Gevintha Karunia Maully
source:http://www.darimakassar.com
Written by Gevintha Karunia Maully Posted 14th July 2013, 12:00am
Rate this article 

Kota Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal dengan wisata yang menawan, baik wisata kuliner, sejarah, hingga wisata bahari. Salah satu wisata baharinya adalah Pantai Losari. Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa Makassar masih menyimpan banyak objek wisata bahari selain Pantai Losari.

Salah satu lokasi wisata bahari tersebut adalah pulau kecil tak berpenghuni bernama Kodingareng Keke. Kodingareng Keke adalah satu dari beberapa pulau yang berada di Kepulauan Spermonde Sulawesi Selatan. Pulau ini berada kurang lebih 14 km dari Pantai Losari dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 hingga 60 menit dengan kapal kecil.

Pulau Kodingareng Keke memang pulau tak berpenghuni, namun jangan heran jika Anda menemui beberapa ekor kucing. Kucing-kucing tersebut kemungkinan besar berasal dari pengunjung pulau yang sengaja meninggalkan kucingnya di sana. Namun, belum ada penjelasan yang pasti tentang asal muasal kucing-kucing tersebut.

Menurut nelayan sekitar, beberapa tahun lalu di pulau ini terdapat penginapan-penginapan semi permanen milik WNA asal Belanda. Namun, saat ini penginapan-penginapan tersebut sudah hilang karena terkena badai dan gerusan ombak.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Kodingareng Keke?

Meskipun tidak terdapat fasilitas yang memadai di pulau ini, keindahan bawah lautnya sangat menarik perhatian penggemar olahraga snorkeling maupun diving. Namun, untuk melakukan snorkeling, Anda harus mampir dulu ke Pulau Samalona untuk menyewa peralatan snorkeling yang dibandrol sekitar 30-40 ribu Rupiah. Keindahan biota laut dan airnya yang masih sangat jernih membuat wisatawan betah berlama-lama di sini, baik untuk menyelam ataupun sekadar bermain air dan pasir di bibir pantai. Pemandangan pantainya yang sangat menawan juga merupakan daya tarik pulau ini. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke pulau ini hanya untuk berfoto.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk berlibur ke pulau ini?

Karena pulau ini tak berpenghuni, tidak akan ada pedagang yang menjajakan makanan atau minuman di sini. Oleh karena itu, sebelum berlayar ke pulau ini sebaiknya Anda membawa perbekalan secukupnya. Makan siang sambil menikmati pemandangan pantai yang jernih dan lautan lepas tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Bagaimana cara menuju Pulau Kodingareng Keke?

Untuk menuju pulau ini, kita harus menyewa kapal seharga 400-600 ribu Rupiah karena tidak ada kapal reguler menuju pulau ini. Ada tiga dermaga di sekitar Pantai Losari yang bisa Anda singgahi, yaitu dermaga Kayu Bangkoa, dermaga wisata Pulau Kayangan, dan dermaga milik POPSA yang berada di depan benteng Fort Rotterdam.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!