Keunikan dan Keindahan Kawah Ijen yang Memukau

In Jawa Timur
source:gedeparadisebalitour.com
source:wikimedia.org
Written by Riyan Adiyahasya Posted 9th October 2013, 7:06am
Rate this article 

Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kawah ini selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, juga memiliki keunikan dan pesona yang khas. Kawah Ijen merupakan salah satu kawah yang memiliki tingkat keasaman terbesar di dunia! Menjadikannya objek wisata populer bagi para petualang dan tak terkecuali wisatawan asing.

Kawah Ijen sendiri berada di ketinggian 2.368 m dpl di puncak Gunung Ijen, serta berdindingkan kaldera seluas sekitar 5.466 hektar dengan kedalamannya 300-500 meter. Kaldera di Kawah Ijen tersebut merupakan kaldera terluas di Pulau Jawa.

Soal pemandangannya, pemandangan di Kawah Ijen memang tak bisa diragukan. Anda akan ditakjubkan dengan pesona alam pegunungan sekitarnya sangat dramatis dan disempurnakan dengan danau kawah berwarna hijau tosca, sesekali kawah ini akan mengepul dengan asap belerang di tepi kawah.

Hal unik lainnya juga, Kawah Ijen merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur, dan masih menggunakan cara tradisional. Uniknya para penambang tersebut akan mengambil belerang dengan berjalan kaki hingga turun ke bawah kawah tanpa masker atau pelindung lainnya. Walaupun sangat berbahaya dan menantang maut, mereka tetap turun mengambil belerang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Selain itu, untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Kawah Ijen yang eksotis ini memang memerlukan tenaga ekstra. Terlebih dahulu Anda harus melakukan pendakian di jalan setapak sejarak 3 km dari titik awal pendakian, Paltuding. Setelahnya dilanjutkan dengan jalanan menanjak dengan kemiringan bervariasi antara 25-35 derajat. Berhati-hatilah! Karena jalanannya yang berkerikil ditambah kadar asam dan suhu yang tinggi. Siapkan juga peralatan pendukung serta gunakan jasa pemandu untuk memudahkan perjalanan Anda.

Saat yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan Kawah Ijen adalah pada pagi hari. Kawah ini merupakan danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona. Selain itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, ini jelas akan menambah sensasi tersendiri bagi Anda.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!